Kapan Sebaiknya Bayi Diberikan Makanan Padat? 

The American Academy of Pediatrics (AAP) menyarakan kalau bayi seharusnya diberi makanan padat saat usianya antara 4 sampai 6 bulan. Tapi, kamu harus memerhatikan beberapa kriteria berikut: 

- Sudah bisa duduk tegak dan mengangkat kepalanya.
- Menunjukkan rasa penasaran dengan melihat segala sesuatu di sekitarnya.
- Telah menguasai gerakan lidah.
- Tetap lapar meskipun sudah mendapatkan ASI yang cukup (8-10 kali) setiap hari.
 

source: http://thefirstscoop.com


Nah, kalau melihat tanda-tanda seperti di atas, maka pertimbangkan untuk memulai proses MPASI ya, Moms! 
 

baca juga

Apa Makanan Pertama yang Harus Diberikan kepada Bayi? 

Karena sistem pencernaan bayi belum bekerja dengan baik, maka menurut WHO, sebaiknya diberikan makanan tunggal terlebih dahulu, seperti bubur saring tanpa tambahan garam, gula ataupun penyedap rasa. Biasanya di hari pertama MPASI, bayi makan 2 kali sehari dengan porsi  sekitar 2 sampai 4 sendok bubur.
Pada tahap ini bayi akan belajar mengenal bau, rasa, dan tekstur makanannya secara perlahan. Meski bayi sudah memasuki tahap MPASI, namun tetap berikan ASI seperti biasa ya, Moms. Mungkin kebutuhan ASI si kecil akan sedikit berkurang karena sudah mendapatkan kalori dari MPASI. 
 

source: https://www.archanaskitchen.com
Rekomendasi Menu MPASI untuk Bayi

Selain bubur, menu MPASI si kecil juga bisa diselingi dengan memberinya puree buah dan sayur-sayuran. Banyak yang berpendapat kalau pemberian buah dan sayuran sejak dini akan membuat bayi bergantung pada rasa manis hingga beranjak dewasa, tapi hal ini belum sepenuhnya benar.
Nah, berikut beberapa rekomendasi puree yang mudah dibuat, Moms!

- Alpukat dan Pisang
Haluskan alpukat dan pisang matang, kemudian campur. Berikan kepada bayi dalam keadaan segar.

- Ayam dan Brokoli
Panaskan 1 sdm minyak sayur kemudian masukkan daging ayam yang sudah dicincang. Tambahkan air lalu diamkan selama 5 menit hingga ayam matang. Kukus brokoli lalu haluskan dengan blender. Lalu, campur daging ayam yang sudah halus dan brokoli. Jangan lupa tambahkan air agar teksturnya jadi lebih lembek. 

- Ubi Jalar
Kukus ubi jalar sampai teksturnya lembek. Campurkan dengan ASI lalu blender hingga halus. Puree ubi jalar kaya akan vitamin yang baik untuk tumbuh-kembang bayi.
 
source: http://cleanbabyfood.com