1.Membakar Kalori

1.Membakar Kalori
source: https://www.freepik.com
Olahraga dengan bersepeda atau lari sebenarnya sama-sama bisa membakar kalori tergantung pada intensitas dan durasi latihan. Pada umumnya lari bisa membakar 566-839 kalori perjam, sedangkan bersepeda 498-738 kalori jika dengan kecepatan tinggi. Nah, jika moms baru memulai olahraga setelah sekian lama di rumah, ada baiknya lakukan dengan perlahan untuk menghindari risiko berbahaya saat berolahraga. Karena yang terpenting adalah olahraga tersebut dilakukan dengan rutin. 

2. Sama-sama Jenis Olahraga Kardio

2. Sama-sama Jenis Olahraga Kardio
source: https://www.freepik.com

Lari merupakan olahraga kardio hight impact dan akan lebih banyak menggunakan otot, dimana banyak pula pembakaran kalori yang terjadi. Meskipun lari hanya menggunakan kaki, namun otot inti dan bagian atas tubuh juga ikut bergerak seperti tangan, paha atau pinggul. Sedangkan sepeda yang dikategorikan kardio low impact, juga bisa membakar kalori dengan jumlah yang sama seperti berlari. Bersepeda bisa membakar sebanyak 498-738 kalori dalam satu jam. Sedangkan lari mampu membakar sekitar 566-839 kalori setiap jamnya. Namun bersepeda bisa menjadi pilihan olahraga yang tepat bagi Moms yang baru memulai olahraga setelah masa karantina. 

baca juga

3. Olahraga yang Menyenangkan

3. Olahraga yang Menyenangkan
source: https://www.freepik.com

Dibanding lari, bersepada memang olahraga yang lebih menyenangkan dan tidak bosan. Buat Moms yang tidak menyukai olahraga lari, bersepeda adalah pilihan yang tepat dan bisa dilakukan bersama anggota keluarga. Nah, yang terpenting adalah Moms harus memilih olahraga yang membuat Moms bahagia saat melakukannya. Karena dengan begitu, olahraga bisa dilakukan secara berkelanjutan secara rutin. 

 

4. Faktor Intensitas Waktu dan Jarak

4. Faktor Intensitas Waktu dan Jarak
source: https://www.freepik.com

Olahraga sepeda maupun lari sebenarnya sama-sama bisa menurunkan berat badan dan membuat Moms langsing. Namun, semua itu tergantung pada intensitas, waktu dan juga jarak. Karena jika olahraga tidak dilakukan secara rutin dan benar-benar, maka usaha pun akan sia-sia. Lakukanlah pemanasan sekitar 5-10 menit sebelum melakukan olahraga sepeda ataupun lari. Jika hal tersebut dilakukan dengan benar dan konsisten, maka Moms akan merasakan hasil yang optimal.