Tapi sayangnya, tak semua anak suka dengan ikan. Apalagi jika anak Moms termasuk si pemilih makanan atau picky eater. Duh, harus pintar-pintar ya Moms agar si kecil mau makan ikan. Lalu bagaimana cara agar anak mau makan ikan?

Berikut 5 cara menyiasati agar anak mau makan ikan:

Hilangkan Bau Amis Ikan


Hilangkan Bau Amis Ikan
source: https://www.pexels.com/

Salah satu penyebab anak tak mau makan ikan adalah karena aromanya yang amis. Karenanya, Moms harus lebih pintar dan teliti dalam memilih ikan yang segar. Pilih juga ikan dengan sedikit duri agar anak tak mengalami trauma karena tersedak atau tertusuk duri ikan. Setelah ikan dibersihkan, gunakan air lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya.

baca juga

Sajikan dengan Makanan Favoritnya


Sajikan dengan Makanan Favoritnya
source: https://pixabay.com/

Mencampurkan ikan ke dalam menu makanan favoritnya juga bisa jadi salah satu cara ampuh agar anak mau makan ikan. Moms bisa mencampurnya dalam nasi goreng kesukaan si kecil atau menyuwir halus ikan lalu mencampurnya dengan nasi dan makanan favoritnya.

Ubah Bentuknya


Ubah Bentuknya
source: https://www.freepik.com/

Cara lain agar anak mau makan ikan yaitu dengan mengubah bentuknya. Ubah ikan menjadi manakan favoritnya seperti nugget yang banyak disukai anak. Bisa juga dengan mengubahnya menjadi bola-bola ikan atau memasaknya dengan tepung crispy sehingga renyah saat dimakan.

baca juga

Libatkan Anak


Libatkan Anak
source: https://www.pexels.com/

Cara lain agar anak mau makan ikan adalah dengan melibatkannya dalam menentukan menu makanan yang akan disantap bersama. Ajak juga si kecil mengolah dan memasak ikan bersama di dapur. Berikan penjelasan tentang pentingnya ikan untuk kesehatan tubuhnya.

Bila perlu, ajak juga si kecil ke pasar dan mengenalkannya dengan beragam jenis ikan. Pilih dan tentukan bersama jenis ikan atau makanan laut apa yang ingin disantapnya.

Sajikan dengan Bumbu Manis


Sajikan dengan Bumbu Manis
source: https://pixabay.com/

Biasanya anak cenderung menyukai makanan manis daripada pedas. Jadi cobalah memasak ikan dengan bumbu-bumbu yang manis seperti saus teriyaki. Perhatikan juga tekstur daging ikannya, pilih yang empuk dan mudah dikunyah anak. Moms juga bisa menyajikannya dengan tampilan yang menarik seperti menyusunnya menjadi tokoh kartun kesukaan anak.