Biasanya, cegukan terjadi karena kebiasaan makan yang salah. Seperti tempo makan yang terlalu cepat, porsi makan yang berlebihan hingga jenis makanan yang dimakan. Berikut 5 hal yang bisa menyebabkan cegukan setelah makan yang perlu diwaspadai seperti dilansir dari Food Detik:

1. Makan Berlebihan


1. Makan Berlebihan
source: https://food.detik.com/

Makan terlalu banyak dan berlebihan akan membuat perutmu membesar. Hal ini membuat makanan di dalam perut berdesakan hingga membuat diafragma tertekan. Kondisi seperti ini bisa menimbulkan cegukan setelah makan.

baca juga

2. Makan Terburu-buru


2. Makan Terburu-buru
source: https://www.freepik.com/

Makan terlalu cepat dan terburu-buru bisa jadi penyebab munculnya cegukan. Saat memasukkan makanan terlalu cepat, akan terjadi tekanan pada perut dan membuat difragma berkontraksi. Hal ini yang menyebabkan timbulnya suara ‘hik’ atau cegukan. Selain banyaknya udara yang ikut masuk, makan terburu-buru sambil menelan air juga membuat perut buncit.

3. Menyantap Makanan Pedas


3. Menyantap Makanan Pedas
source: https://pixabay.com/

Makanan pedas memang menambah selera makan ya, Moms. Namun hati-hati saat moms menyantap makanan yang terlalu pedas. Makanan yang pedas ini mengandung bahan kimia yang disebut capsaicin.
 
Senyawa capsaicin dalam cabai atau bahan makanan pedas lainnya dapat mengiritasi diafragma sehingga menyebabkan cegukan setelah makan. Saat capsaicin masuk ke tubuh akan menyebabkan otot diafragma berkontraksi. Aliran udara ke tenggorokan terhambat sehingga menyebabkan cegukan.

baca juga

4. Adanya Perubahan Suhu di Kerongkongan


4. Adanya Perubahan Suhu di Kerongkongan
source: https://www.freepik.com/

Perubahan suhu secara tiba-tiba di kerongkongan bisa jadi pemicu cegukan. Saat memakan makanan yang panas, lalu langsung meminum minuman dingin. Secara otomatis suhu di kerongkongan akan berubah-ubah hingga menimbulkan cegukan.
 
Ada lagi penyebab lainnya yang membuat suhu tubuh berubah drastis termasuk suhu di kerongkongan. Ketika kamu berdiam lama di ruangan ber-AC kemudian keluar ke tempat yang panas juga bisa menimbulkan cegukan.

5. Minum Minuman Bersoda


5. Minum Minuman Bersoda
source: https://www.freepik.com/

Minuman bersoda juga bisa jadi penyebab otot diafragma berkontrasi sehingga memicu cegukan. Saat kamu menelan udara terlalu banyak seperti dalam minuman bersoda akan menyebabkan diafragma terganggu. Pita suara akan menutup secara tiba-tiba saat diafragma berkontraksi. Hal inilah yang bisa menyebabkan munculnya cegukan.