1. Latihan Berdiri 

Menginjak usia 9 bulan biasanya bayi sudah pandai merangkak cepat dan belajar merambat pada dinding atau benda apapun yang ia lihat. Saat ini fase dimana bayi sudah siap untuk berjalan dan yang harus moms lakukan adalah melatih ia untuk berdiri sendiri. Secara perlahan bantulah Si kecil untuk terbiasa berdiri tegak tanpa dipegang selama 30 detik. Jika dia terjatuh bantulah Si kecil untuk kembali berdiri, dan mulai pegang tangannya untuk berlatih berjalan. 

Coba Deh Moms, 4 Cara Jitu Ini Bisa Bikin Si Kecil Cepat Berjalan Lho
source: http://packnplayguide.com

2. Pijat Kaki Bayi

Memijat kaki si kecil tentu ada manfaatnya untuk membuat ia cepat berjalan. Hal ini dikarenakan otot-otot kaki akan terangsang, dimana pembuluh darah menjadi lancar sehingga membantu kelenturan pada persendian. Moms bisa melakukan pijatan kaki sendiri di rumah tanpa harus ke tempat spa bayi. Caranya mudah, lakukan pijatan lembut pada bagian telapak, betis dan pangkal paha. Tekan lembut menggunakan ibu jari dan lakukan gerakan memutar pada bagian persendian telapak kaki. Pijatan ini bisa dilakukan saat pagi hari atau sebelum si kecil mandi sore. 

Coba Deh Moms, 4 Cara Jitu Ini Bisa Bikin Si Kecil Cepat Berjalan Lho
source: http://www.itsbaby.com
baca juga

3. Pegang Tangan (Menitah)

Secara perahan latih bayi untuk berjalan dengan cara memegangi tangannya sambi berjalan atau biasa kita sebut menitah. Tuntun si kecil berjalan sembari memegang kedua tangannya dan lepaskan jika sekiranya ia sudah kuat menahan beban tubuhnya sendiri. Namun untuk keselamatan si kecil, jaga ia dari belakang ketika anak mencoba berjalan sendiri. Ketika ia jatuh saat sedang berjalan, motivasi si kecil untuk kembali bediri sendiri ya, Moms. 
 

Coba Deh Moms, 4 Cara Jitu Ini Bisa Bikin Si Kecil Cepat Berjalan Lho
source: https://dreamstime.com

4. 'Pancing' dengan Mainan

Ketika sedang bermain, anak kecil akan tertarik jika ia diberi mainan yang menjadi favoritnya. Oleh sebab itu Moms bisa melakuka stimulasi alias memancing si kecil dengan mainan kesukannya. Misalnya pancing dia untuk mengambil mainan kesukaannya dan minta dia untuk berjalan sendiri ketika ingin mengambilnya. Stimulasi seperti ini akan membuat bayi cepat berdiri dan berjalan dengan lancar. 

Coba Deh Moms, 4 Cara Jitu Ini Bisa Bikin Si Kecil Cepat Berjalan Lho
source: http://www.fisher-price.com