Pada dasarnya, kebiasaan mandi bersama anak sebenarnya tidak menjadi hal yang banyak dilakukan para orangtua. Kebanyakan dari mereka bahkan hanya mandi bersama di saat-saat mendesak. Namun, selebihnya orangtua akan meluangkan waktu sendiri untuk memandikan anak dan menyelipkan waktu untuk me time dan menghabiskan waktu untuk mandi seorang diri.

Lalu, bagaimana dengan batasan mandi bersama anak? Kapan seharusnya orangtua tidak lagi mandi bersama dengan anak?
 

Kapan Orangtua Tidak Lagi Boleh Mandi Bersama Anak?
source: https://www.healthline.com/


Kebanyakan orangtua menganggap bahwa anak dapat menunjukkan dengan sendirinya kapan ia tak lagi mau mandi bersama dengan orangtuanya. Tentu Mommy akan mendapati masa-masa di mana si kecil tidak lagi mau terlihat telanjang di depan banyak orang, termasuk di depan ibunya sendiri. Mungkin itu dapat menjadi satu buah patokan di mana anak tidak lagi mau mandi bersama dengan orang lain.
 

Kapan Orangtua Tidak Lagi Boleh Mandi Bersama Anak?
source: https://www.scarymommy.com/


Di sisi lain, ada pula orangtua yang memberikan batasan pada besar tubuh anak. Tidak bisa dipungkiri, anak yang sudah tumbuh lebih besar akan menjadi lebih tidak nyaman saat harus bersama dengan orang dewasa di dalam bathtub atau shower. Hal ini tentu akan mengganggu dan membatasi ruang gerak. Berbeda dengan anak-anak yang masih kecil dan bisa berbagi ruang dengan lebih nyaman bersama dengan orangtuanya.
 

baca juga


Namun, bagaimana rekomendasi yang lebih tepat menurut para ahli?

Dilansir dari Made for Mums, seorang psikolog pendidikan, Naomi Burgess, mengatakan bahwa tidak ada jawaban pasti mengenai kapan seharusnya orangtua tak lagi mandi dengan anak. Orangtua perlu mempertimbangkan bagaimana mereka ingin anak mereka ingin memahami konsep tubuh dan privasi dalam diri mereka. Yang terpenting adalah membangun kesadaran mereka atas batasan diri dan meningkatkan kepercayaan serta kecintaan terhadap tubuhnya sendiri. Hal yang sama juga perlu kamu pertimbangkan untuk menentukan sampai kapan ia boleh mandi dengan saudaranya?