1. Akan Ada Rasa Cemburu

1. Akan Ada Rasa Cemburu
source: https://www.freepik.com

Tantangan memiliki anak kedua yang pertama adalah, Moms akan menghadapi sikap cemburu Si kakak yang khawatir jika Moms akan lebih perhatian dengan Sang Adik. Terlebih jika usia Si kakak dan adik yang tidak terlalu jauh, maka akan menimbulkan rasa cemburu Sang kakak. Kecuali jika usia Si kakak sudah cukup besar, maka ia akan lebih mengerti dan menyayangi adiknya.

Nah, tantangan ini memang susah-susah gampang untuk dihadapi, karena Moms harus menghadapi kerewelan dua anak sekaligus. Cara mengatasinya, luangkan waktu sebisa mungkin untuk Si kakak, misalnya menemaninya bermain dan mengajarkan anak untuk menyayangi Sang adik. 
 

2. Mengurus Anak di Waktu Bersamaan

2. Mengurus Anak di Waktu Bersamaan
source: https://www.freepik.com
Memang tidak mudah mengurus dua anak sekaligus di waktu bersamaan. Tantangan yang paling sulit adalah saat menyusui Sang adik dan harus menemani Sang kakak secara bersamaan. Meski begitu, multitasking adalah salah satu keahlian seorang Ibu, jadi mengurus dua anak adalah tantangan yang bisa diselesaikan. Cara mengatasinya yakni Moms bisa menyusui Si adik sambil menemani kakaknya bermain dan sesekali ajaklah Si kakak ngobrol agar ia tidak merasa diabaikan. 
 
baca juga

3. Saat Ingin Bepergian

3. Saat Ingin Bepergian
source: https://www.freepik.com

Terbayang dong Moms, bagaimana repotnya saat ingin bepergian kel luar rumah dengan membawa dua anak sekaligus. Terlebih jika Si kakak belum bisa menjaga adiknya dengan baik, dikarenakan usianya yang juga masih kecil. Nah, Moms wajib mempersiapkan segala peralatan dari mulai makanan Si adik dan juga kebutuhan Sang kakak lainnya.

Selain itu usahakan membawa stroller untuk Si adik agar Moms tidak terlalu lelah karena harus tetap memperhatikan kakaknya. Cara mengatasi tantangan ini adalah, usahakan Moms minta bantuan suami untuk membagi tugas saat ingin bepergian keluar rumah. Misalnya, Moms mengurus adik dan Ayahnya menjaga Sang kakak. 
 

4. Membagi Waktu dengan Suami

4. Membagi Waktu dengan Suami
source: https://www.freepik.com

Sebagai Ibu rumah tangga dengan dua anak, bisa dikatakan waktu Moms dari pagi hingga malam adalah mengurus rumah dan anak. Kesibukkan tersebut terkadang membuat Moms hampir tidak sempat memiliki quality time untuk berduaan bersama suami. Cara mengatasinya adalah, tetap jalin komunikasi yang baik dan berikan pengertian kepada suami. Perbanyak komunikasi sebelum tidur untuk tetap menjaga keromantisan bersama Sang suami. 
 

baca juga

5. Pengeluaran yang Lebih Banyak

5. Pengeluaran yang Lebih Banyak
source: https://www.freepik.com

Dikaruniai anak kedua padahal tidak direncanakan, adalah rezeki yang tidak tertuga dari Tuhan yang Maha Esa. Namun, tetap saja Moms dan suami harus menyiapkan dana lebih untuk mengurus dua anak sekaligus. Terlebih kebutuhan anak-anak zaman sekarang tidak sedikit sehingga Moms membagi-bagi biaya rumah tangga per bulan dengan baik. Cara mengatasinya yakni sebisa mungkin Moms sebaiknya membeli barang-barang atau keperluan yang penting saja. Jika ingin mendapatkan uang tambahan, mungkin Moms bisa sambil berjualan online dari rumah.