Rianti yang sempat gagal pantang menyerah demi mendapatkan kehamilannya. Pejuang IVF ini kembali jalani prosedur Bayi Tabung. Lewat beberapa foto yang dipostingnya di Instagram, Rianti Cartwright membagikan kisah perjuangannya melahirkan hingga menyusui Cara Rose.

Cerita Perjuangan Rianti Cartwright Melahirkan dan Menyusui Cara Rose
source: https://www.instagram.com/riantic/

Rianti Cartwright melahirkan Cara Rose melalui proses persalinan per vaginam. Ketubannya pecah pada Jumat, 24 Juli 2020 jam 11 malam. Rianti yang sudah berada di rumah sakit langsung dibawa ke ruang persalinan.

“Disana aku harus tidur terlentang sambil menunggu pembukaan (rencana labour dance dan bouncing on my pregnancy ball buyar but I had to trust in His plan). Ternyata tidur terlentang dan nunggu pembukaannya sampai 19 jam lebih 😅. Rasanya uwoww,” tulis Rianti Cartwright.

Cerita Perjuangan Rianti Cartwright Melahirkan dan Menyusui Cara Rose
source: https://www.instagram.com/riantic/

Cara Rose lahir pada Sabtu, 25 Juli 2020 jam 6.50 malam dengan berat 3.74kg dan panjang 51cm. Lamanya proses pembukaan hingga ketuban yang pecah membuat bayi Rianti langsung dibawa ke NICU dan dirawat dengan antibiotik selama beberapa hari. Rianti mengungkap saat itu perasaannya campur aduk dan khawatir memikirkan bayinya. Untungnya, Moms, dokter menyatakan bayi Rianti sehat dan diperbolehkan pulang.

baca juga

Yang membuat Rianti sedih adalah ia tak bisa melakukan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) karena bayinya harus dibawa ke NICU. Rianti pun tak membawa alat pumping karena hal ini di luar rencananya.

“Akhirnya aku pumping di kamar dan kirim ASI ke NICU setiap beberapa jam. ASInya dikasih ke Rose lewat selang. Perawat di NICU bilang “Ibu jangan nangis terus nanti ASInya bisa berhenti”. Praise God, walaupun perasaan tidak karuan tapi ASI tetap lancar (I think this is a miracle),” tulis Rianti Cartwright.

Cerita Perjuangan Rianti Cartwright Melahirkan dan Menyusui Cara Rose
source: https://www.instagram.com/riantic/

“Sekarang Cara Rose sudah di rumah, she is a healthy and happy baby. Puji Tuhan ASI lancar, latching is good for the most part, tapi kadang masih hit and miss 🤣.,” tulis Rianti lagi.

Melalui kisahnya, Rianti percaya setiap kelahiran begitu pula menyusui memiliki proses dan jalannya masing-masing. Rianti mengajak warganet untuk tak lakukan Mom Shaming atau bahkan menghakimi ibu yang baru saja melahirkan, baik normal maupun operasi Caesar. Begitu pula pada ibu yang menyusui atau tidak. Karena ia percaya ada alasan di balik keputusan setiap ibu.