1. Belajar Berdiri

Pada fase ini si kecil akan terlihat menggerak-gerakan bagian dadanya dan berusaha untuk berdiri dengan cara berpegangan dengan benda apapun. Saat inilah tulang-tulang dan otot kakinya mulai siap untuk menopang berat badan si kecil agar anak siap berjalan. Moms  bisa membantunya berdiri tegak dengan memegangi kedua tangannya dan membantu ia untuk melangkah secara perlahan. Saat si kecil sudah mulai bisa bediri sendiri, cobalah untuk melakukan stimulasi agar ia bisa melangkah sendiri tanpa harus dipegangi. 

source: https://www.prlog.org

2. Menaiki Tangga atau Kursi

Ketika bayi aktif merambat benda apapun yang ada di dekatnya, ini menandakan ia sudah mulai aktif dan sudah siap untuk belajar berjalan. Ketik melihat benda yang lebih tinggi darinya, si kecil pasti tertarik untuk memanjatnya. Jika terdapat tangga di rumah moms, tentunya ini tidak akan lepas dari pandangan si kecil untuk bermain di tangga. Nah, saat ini pula moms harus menjaganya dan benar-benar memperhatikan agar ketika bayi jalan ia tidak terjatuh. 

source: http://www.mediaonetv.in
baca juga

3. Berguling-guling

Kondisi seperti ini sebenarnya menandakan bahwa si kecil sudah tidak tahan ingin berjalan, namun ia belum mampu berjalan sendiri. Dia akan sering terlihat berguling-guling dengan cepat, serta berusaha menyeret tubuhnya ke tempat-tempat berbeda. Saat seperti ini moms pasti akan terasa lebih lelah, karena si kecil tidak akan bisa diam dan akan terus bergerak ke semua sudut tempat. 

source: http://momdadi.com

4. Lebih Aktif

Jangan kaget ya moms ketika melihat si kecil menjadi lebih aktif bergerak dan merangkak ke semua sudut rumah. Sesungguhnya ia sudah tidak tahan ingin berjalan, namun karena belum mampu si kecil akan mencoba meraih benda apa saja di sekelilingnya asalkan bisa menjadi tempat untuk ia berpegangan. Masa ketika bayi jalan artinya moms harus siap lebih lelah karena seharian akan memantau bayi yang akan terus berjalan dan tidak kenal lelah. 

source: http://iparents.com