1. Pilih yang Berbahan Plastik Namun Tahan Panas

Saat ingin memilih botol susu moms akan dihadapkan pada dua pilihan yakni yang berbahan kacaa dan plastik. Kelebihan botol susu berbahan kaca adalah tahan panas dan mudah dibersihkan tapi mudah pecah jika terjatuh. Nah, sebaiknya Moms memilih botol susu berbahan plastik namun memiliki bahan dasar anti panas. Selain tak mudah pecah, ini juga aman bagi bayi dan tidak akan melukai kulit Si kecil jika terjatuh. Namun perlu diketahui, pilihlah botool susu yang berlogo segitiga dengan tuisan LDPE, HDPE atau huruf PP. Hindari memilih botol susu berkode PVC, PS, atau PET, karena itu merupakan jenis plastik dengan kualitas rendah dan berbahaya. 

Jangan Sampai Si Kecil Sakit, Ini 4 Tips Memilih Botol Susu yang Aman
source: https://istockphoto.com

2. BPA-free 

Apa itu BPA? BPA merupakan salah satu zat kimia bisphenol A (BPA) pada botol bayi plastik yang dianggap berisiko untuk kesehatan. BPA ini dibutuhkan saat proses pembuatan botol bayi dari plastik untuk membuat botol susu tampak jernih dan tidak mudah pecah saat jatuh. Nah, jika bahan berbahaya ini masuk dan terserah oleh tubuh bayi, makasSi kecil akan terkontaminasizat kimia yang berisiko menimbulkan kanker atau penyakit jantung di kemudian hari. Duh, mengerikan ya, Moms? 

Jangan Sampai Si Kecil Sakit, Ini 4 Tips Memilih Botol Susu yang Aman
source: http://www.womenfitness.net
baca juga

3. Sesuaikan Usia Si Anak

Nah, hal ini juga penting untuk moms perhatikan ketika memilih botol susu yang aman dan nyaman buat Si kecil. Meski anak masih bayi dan belum mengerti apa yang masuk ke dalam mulutnya, namun kita juga harus tetap memperhatikan kenyamanan si kecil. Sebaiknya moms pilihlah botol susu yang ujungnya pas ukurannya dengan mulut bayi dan tahap perkembangannya. Moms tidak perlu memilih ujung botol susu berbentuk orthodontis jika anak belum memiliki gigi.

Jangan Sampai Si Kecil Sakit, Ini 4 Tips Memilih Botol Susu yang Aman
source: https://babycenter.com

4. Pilih Tanda Recycle atau Food Grade

Memilih boto susu untuk anak tersayang memang harus jeli dan tidak karena harganya murah. Karena kesehatan dan keamanan untuk tubuh Si kecil merupakan hal yang lebih penting. Nah, ketika membeli boto susu, baiknya moms cari botol dengan tanda 'recycle' karena bisa digunakan kembali, atau pilih yang botol dengan tanda 'food grade' yang berkualitas baik untuk minuman atau makanan bayi. 

Jangan Sampai Si Kecil Sakit, Ini 4 Tips Memilih Botol Susu yang Aman
source: http://telegraph.co.uk