ASI


ASI
source: https://www.freepik.com/

Jika si kecil masih dalam fase menyusui, ASI (air susu ibu) bisa membantu meredakan demam pada anak. Berikanlah sesering mungkin atau ketika si kecil ingin menyusu. Karena saat Moms menyusui, putting dapat merasakan kondisi bayi yang sedang melwan infeksi melalui air liurnya. Kandungan ASI akan berubah dengan lebih banyak antibody untuk membantu bayi melawan infeksi dan menurunkan demam.

Madu


Madu
source: https://www.freepik.com/

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa madu dapat mengurangi batuk, meredakan demam hingga iritasi di tenggorokan. Madu juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu tubuh anak melawan demam akibat infeksi.

Moms bisa memberikannya langsung pada anak atau dengan dicampurkan dengan air hangat agar tenggorokan si kecil lebih nyaman. Namun, hindari memberikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan karena berisiko botulisme.

baca juga

Sup Ayam


Sup Ayam
source: https://www.freepik.com/

Sup ayam direkomendasikan sebagai makanan wajib saat anak demam. Sup ayam mengandung nutrisi seimbang yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh anak saat sakit. Saat anak demam karena flu atau pilek, uap hangat dari sup ayam membantu atasi hidung tersumbat. Daging ayam juga mengandung asam amino yang bersifat anti-virus dan antioksidan sehingga membantu atasu demam pada anak.

Wortel


Wortel
source: https://www.freepik.com/

Kandungan nutrisi dalam wortel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjauhkan anak dari bakteri dan virus. Wortel juga memiliki sifat sebagai obat. Moms bisa memberikannya dalam bentuk dikukus sampai teksturnya lembut atau dengan dijadikan sup wortel.

baca juga

Air Kelapa


Air Kelapa
source: https://www.freepik.com/

Air kelapa dipercaya bersifat mendinginkan tubuh. Selain menjaga anak dari dehidrasi dengan banyak memberikan air putih, Moms juga bisa memberikan air kelapa untuk menurunkan suhu tubuh. Air kelapa merupakan sumber elektronik alami yang baik untuk mengatasi anak demam.

Jahe


Jahe
source: https://www.freepik.com/

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan efektif melawan mual. Moms bisa memberikan makanan atau minuman berbahan dasar jahe saat anak demam. Seperti jahe yang ditambahkan dalam the atau sup untuk mengatasi demam, sakit tenggorokan dan perut mual.

Buah Jeruk


Buah Jeruk
source: https://www.freepik.com/

Buah dengan kandungan vitamin C bisa membantu meredakan demam. Kandungan vitamin C dalam jeruk membantu tubuh anak terhidrasi, kandungan gula pada jeruk berikan energi saat anak demam. Namun hindari memberikan buah jeruk pada anak yang tak terbiasa mengonsumsi makanan dan minuman asam ya, Moms.