Jangan marah ya, Moms saat anak mengompol ketika tidur di malam hari. Memarahi anak karena mengompol malah akan membuat si kecil takut atau bahkan trauma. Agar tak meninggalkan trauma dan anak tak mengompol lagi di malam hari, sebaiknya Moms cari tahu dulu penyebab dan cara mengatasinya.

Pengalaman menghadapi anak mengompol juga dirasakan Zaskia Adya Mecca. Terlebih, istri Hanung Bramantyo ini merupakan ibu dari 5 anak. Duh, kebayang kan Moms bagaimana ribetnya mengurus lima anak sekaligus.

Tapi, Zaskia punya cara menyenangkan saat menghadapi anak mengompol. Trik seru ala Zaskia Adya Mecca mengontrol emosi saat anak mengompol ini mungkin bisa Moms tiru di rumah. Melalui postingannya di instagram Zaskia berbagi cerita pengalamannya saat Bhre, anak keempatnya mengompol.

Cara Asik Zaskia Adya Mecca Hadapi Anak Mengompol
source: https://www.instagram.com/zaskiadyamecca/

“Pagi ini kebangun jam 3.30 karna Bhre bablas ompol lagiii harus mandiin dia, cuci2, rapihin kasur sambil nanggung nunggu subuhan...,” tulis Zaskia Adya Mecca.

Pemeran Aya di sinetron Para Pencari Tuhan ini mengaku gemas, sebal dan sempat protes ke anak ketika mengompol saat tidur. Namun, naluri keibuannya membuat Zaskia tak tega memarahi sang anak. Karena saat anak mengompol, Zaskia kembali teringat masa kecilnya yang juga suka kebobolan mengompol ketika tidur.

“krn ku inget pas kecil pengennya juga ga ngompol tapi ga sengaja jebol juga 😅😅 jadi tiap mau marah langsung inget ku dulu pas ngalamin ya pengennya juga gak ngompol krn sebel tiap ngompol sama mama dimandiin mau jam berapa juga 😅😅😅,” lanjut Zaskia.

Cara Asik Zaskia Adya Mecca Hadapi Anak Mengompol
source: https://www.instagram.com/zaskiadyamecca/

Agar tak emosi dan memarahi anak, Zaskia memilih untuk melihat foto-foto dirinya yang tersenyum bahagia tanpa beban.

“Langsung liat2 foto pas senyum2 bahagia lagi ga da beban biar relax lagi kaya difoto ini,” tulis Zaskia lagi.

baca juga

Tips Mengatasi Anak Mengompol


Tips Mengatasi Anak Mengompol
source: https://www.instagram.com/zaskiadyamecca/

Beberapa tips ini mungkin bisa membantu Moms menghadapi anak mengompol saat tidur:

  • Atur asupan minum si kecil. Moms bisa mengatur pola minum si kecil dan membatasi minum pada waktu malam serta memastikan kebutuhan air anak tercukupi di waktu siang.
  • Jika anak tidak mau ke kamar mandi, Moms dapat mengubah dekorasi kamar mandi agar lebih nyaman untuk anak-anak. Dekorasi yang child-friendly dapat membantu si kecil untuk merasa nyaman pergi ke kamar mandi terutama pada malam hari.
  • Membiasakan si kecil melakukan rutinitas sebelum tidur, seperti pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil, sikat gigi, cuci kaki, tangan dan cuci muka.
  • Jangan memarahi atau menghukum anak jika masih ngompol, berikan apresiasi ketika anak berhasil tidak mengompol
  • Perhatikan berapa kali dalam sehari si kecil ke kamar mandi untuk dapat mengatur pola buang air si kecil.