Pemberian ASI secara eksklusif pada bayi selama 6 bulan pertama kehidupannya mempunyai banyak sekali manfaat. Selama program ASI eksklusif, WHO dan UNICEF merekomendasikan agar bayi tidak mengkonsumsi makanan atau minuman apapun kecuali ASI, dan juga bayi sebaiknya disusui dalam satu jam pertama saat dia lahir. Mengapa? Karena nutrisi yang banyak terkandung dalam ASI sangat baik untuk pertumbuhan dan kekebalan tubuh si kecil. Manfaat pemberian ASI eksklusif tidak hanya untuk bayi, lho, tapi ibu juga dapat merasakannya. Untuk mengetahui lebih jauh tentang manfaat memberikan ASI eksklusif, mari kita bahas selengkapnya berikut ini!



Manfaat pemberian ASI eksklusif pada bayi


source: https://wolipop.detik.com/read/2011/12/30/183604/1803510/857/tips-nyaman-naik-pesawat-dengan-bayi-yang-masih-menyusu
baca juga

Meningkatkan sistem imun

Bayi yang baru lahir sangat rentan terhadap berbagai bakteri dan virus. Untuk meminimalisir resiko si kecil terkena infeksi, ASI adalah solusinya sebab mengandung sistem antibodi yang bisa melindungi kesehatan tubuh bayi.

Mendukung pertumbuhan

Kandungan gizi lengkap yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhannya semuanya ada di ASI. Paduan komposisi vitamin, protein, lemak dan nutrisi lain yang ada pada ASI dapat mendukung pertumbuhan fisik dan mentalnya.

baca juga

Mendukung intelegensi si kecil

Menurut penelitian para ahli, bayi yang diberi ASI ekslusif akan memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding jika tidak diberi ASI ekskusif. 

Mudah dicerna

Bayi membutuhkan asupan makanan yang mudah dicerna oleh penernaannya karena sistem pencernaannya belum sempurna. ASI adalah makanan yang tepat karena sifatnya yang mudah dicerna.

Menguatkan tulang

Para ahli menyatakan bahwa bayi akan memiliki tulang yang kuat jika diberi ASI eksklusif pada minimal 4 bulan pertamanya hingga maksimal 6 bulan.



Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu


source: http://www.parenting.com/article/how-support-breastfeeding-mom

Membuat lebih langsing setelah melahirkan

Saat menyusui si kecil, tubuh akan mengubah kalori di tubuh menjadi ASI. Jadi, kamu bisa mengurangi berat badan selagi menyusui.

Mengurangi stres

Hormon oksitoksin yang membuat pikiran tenang akan dihasilkan saat menyusui dengan keadaan rileks. Oleh karena itu, ASI eksklusif dapat mengurangi stres.

Mengurangi resiko kanker payudara

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa pemberian ASI eksklusif akan mengurangi resiko wanita terkena kanker payudara.

Meningkatkan ikatan emosional yang kuat dengan si kecil

Saat menyusui skin to skin, ikatan batin antara ibu dan anak akan terjalin. Bayangkan saja jika itu terjadi terus menerus selama 6 bulan!

Ekonomis

Kamu tidak perlu membeli susu formula untuk si kecil, jadi lebih menghemat pengeluaran bulanan, kan?