Tanaman hias ini juga terbilang langka dan disebut juga sebagai monster mini karena kemiripannya dengan spesies eponim. Tanaman hias yang berasal dari Asia Tenggara ini hanya memiliki 4 daun.

Melansir dari Haibunda, yang membuat tanaman janda bolong berharga mahal adalah mutasi sel yang menyebabkan sebagian daun tampak putih, merah muda atau kuning.

“Sebuah tanaman akan menumbuhkan daun yang terlihat sedikit berbeda karena daun itu tidak memiliki klorofil,” kata Jesse Waldman, direktur pemasaran dan eCommerce di Pistils Nursery di Portland.

Sayangnya, cukup sulit untuk memperbanyak tanaman hias dengan warna daun yang berbeda-beda ini, Moms. Waldman menuturkan mutasi seperti ini tidak stabil dan banyak tanaman yang akan kembali ke warna aslinya yaitu hijau.

“Banyak tanaman akan kembali ke bentuk hijau semula, yang merupakan faktor membuat mereka sedikit lebih sulit untuk diproduksi dalam jumlah besar,” tutur Waldman.

Tahukah Moms, tanaman hias monster tak hanya janda bolong lho! Terdapat beragam jenis tanaman monster dengan bentuk daun yang unik dna berbeda-beda.

1. Monstera Deliciosa


1. Monstera Deliciosa
source: https://pinterest.com/

Monstera Deliciosa jadi yang paling populer karena memberikan kesan sederhana dan minimalis sebagai dekorasi rumah. Monstera Deliciosa mempunyai bentuk hati yang khas dengan daunnya yang robek dari tengah hingga sisi luar, seperti jari-jari. Monstera jenis ini mudah dirawat namun harganya terbilang cukup mahal.

baca juga

2. Monstera Borsigiana


2. Monstera Borsigiana
source: https://reddit.com/

Bentuk daunnya mirip dengan Monstera Deliciosa. Namun ukuran Monstera Borsigiana lebih kecil dengan robekan lubangnya lebih berjarak. Ukurannya yang lebih kecil ini membuat Monstera Borsigiana bisa digantung di teras atau balkon rumah.

3. Monstera Adansonii


3. Monstera Adansonii
source: https://www.thespruce.com/

Berbeda dengan Monstera Deliciosa dan Borsigiana, lubang pada daun Monstera Adansonii hanya di permukaan tengahnya saja. Robekan tak membentuk jari-jari hingga ke pinggir daun. Monstera Adansonii punya ukuran yang lebih kecil dan tumbuh merambat. Jadi Moms bisa menjadikannya sebagai tanaman hias gantung yang cantik.

baca juga

4. Monstera Obliqua


4. Monstera Obliqua
source: https://monsteraplantresource.com/

Monstera Obliqua jadi tanaman hias yang paling sulit ditemui dan cukup langka. Ciri tanaman ini adalah ukuran daun yang kecil dengan motif lubang lebih besar. Setiap helai daun Monstera Obliqua lebih tipis dibanding jenis lainnya. Sehingga Moms harus lebih berhati-hati dalam meletakkannya.

5. Monstera Variegata


5. Monstera Variegata
source: https://pinterest.com/

Monstera Variegata jarang dijual karena harganya yang lebih mahal. Ciri khas Monstera Variegata yaitu warna hijau dan putih kekuningan pada daun. Corak warnanya pun tak beraturan dan berbeda-beda setiap helainya.