Jangan panik Moms, saat melihat kulit bayi berubah menjadi kuning. Hal ini terjadi akibat kebiasaan makan atau asupan makanan yang Moms berikan pada makanan pendamping ASI (MPASI) setelah bayi berusia 6 bulan. Penyebabnya adalah si kecil terlalu banyak mengonsumsi sayur dan buah berwarna oranye dan kuning. Jadi, terlalu banyak makan wortel bikin kulit bayi kuning bukan sekedar mitos nih, Moms.

Penyebab Kulit Bayi Kuning


Penyebab Kulit Bayi Kuning
source: https://www.freepik.com/

Perubahan warna kulit bayi menjadi kuning disebut dengan Karotenemia. Hal ini disebabkan oleh banyaknya karoten yang diserap tubuh bayi. Karoten merupakan pigmen yang membuat sayur dan buah berwarna oranye dan kuning. Karoten juga terdapat pada sayuran hijau, semakin gelap warnanya maka semakin tinggi juga karotennya. Karoten merupakan sumber vitamin A yang dibutuhkan tubuh, khususnya untuk tumbuh kembang si kecil, Moms.

Karoten lebih mudah diserap tubuh pada makanan yang sudah dimasak dan sudah dilembutkan (puree). Karenanya, karotenemia lebih sering dijumpai pada bayi yang telah mengonsumsi MPASI.

baca juga

Ciri-ciri Bayi Alami Karotenemia


Bayi dengan warna kulit lebih terang lebih terlihat saat alami karotenemia. Pada bayi dengan kulit lebih gelap, warna kuning terlihat di telapak kaki dan tangan.

Namun pada bayi dengan kulit yang lebih terang, warna kuning dapat terlihat di area sekitar kelenjar keringat. Seperti hidung, lipatan atas bibir, wajah, telapak kaki dan telapak tangan. Perubahan warna kuning pada kulit bayi juga bisa menyebar hingga ke seluruh tubuh.

Cara Membedakan Karotenemia dengan Penyakit Kuning


Cara Membedakan Karotenemia dengan Penyakit Kuning
source: https://www.freepik.com/

Karotenemia biasanya terjadi saat bayi berusia 6 – 18 bulan. Jadi jangan panik Moms saat melihat perubahan warna kulit pada bayi. Hal ini berbeda ya Moms dengan sakit kuning akibat bilirubin yang tinggi saat bayi baru lahir.

Kulit kuning pada bayi akibat karotenemia berbeda dengan yang disebabkan oleh gangguan hati. Karotenemia pada bayi tak membuat bagian putih pada mata ikut berubah menjadi kuning. Namun penyakit kuning yang disebabkan gangguan hati, dapat membuat mata ikut berubah menjadi kuning.

baca juga

Berbahayakah Karotenemia Pada Bayi?


Berbahayakah Karotenemia Pada Bayi?
source: https://freepik.com/

Karotenemia pada bayi cukup umum terjadi kok, Moms. Bahkan biasanya tak memerlukan penanganan khusus atau obat-obatan. Moms hanya perlu menghentikan atau mengurangi pemberian makanan dengan kandungan beta-karoten yang tinggi pada si kecil.

Moms juga perlu mengurangi asupan makanan yang tinggi karoten karena bayi juga bisa mendapatkannya dari ASI saat menyusu. Biasanya, warna kulit bayi akan kembali normal dengan sendirinya. Namun yang perlu Moms waspadai adalah jika kondisi bayi menurun, demam hingga muntah dan lemas. Segera bawa dan konsultasikan ke dokter ya, Moms.