Tahukah Moms, Odading khas Bandung ini punya beragam nama lho! Roti goreng yang miliki tekstur empuk di dalam dan kriuk di luar ini dinamai Kue Bantal di Jakarta. Sementara di Semarang, roti goreng ini disebut Bolang-baling, Galundeng di Yogya, Golang-galing di Banyumas, dan Roti goreng di Malang. Ada lagi yang unik nih, Moms. Roti goreng ini dinamai Kue Bohong di Medan.

Viral Odading Mang Oleh, Intip Resepnya Yuk, Moms!
source: https://food.detik.com/

Asal usul sebutan odading ini juga nggak kalah menarik, Moms. Kata odading berawal dari celetukan orang Belanda. Di masa colonial Belanda, roti goreng ini belum mempunyai nama khas. Hingga suatu hari seorang anak kecil Belanda meminta dibelikan kue tersebut pada ibunya.

Sang ibu yang penasaran akhirnya memanggil seorang penjual kue. Saat penjual membuka daun pisang penutup dagangannya, sang ibu mengucapkan kata, “O, dat ding?” yang bila diartikan yaitu “O, benda itu?”. Celetukan spontan wanita Belanda inilah yang membuat odading populer hingga saat ini.

Resep Odading


Resep Odading
source: https://food.detik.com/

Bahan Odading:

  • 250 gr tepung terigu protein tinggi
  • 1 butir telur
  • 2 sdm gula pasir
  • 2 sdm susu kental manis
  • 2 sdm margarin
  • 1 sdt ragi instan
  • 70 ml air hangat
  • Minyak goreng secukupnya
Cara Membuat:
  1. Bahan biang: campur ragi instan dengan gula dan air hangat, aduk rata sampai gula dan ragi larut. Diamkan 10-15 menit sampai berbusa untuk menandakan ragi masih aktif.
  2. Campurkan tepung terigu, telur, susu kental manis, margarin dan masukkan bahan biang sedikit demi sedikit, uleni sampai kalis dan tidak lengket ditangan.
  3. Bentuk bulat dan diamkan selama 1 jam hingga mengembang.
  4. Bentuk pipih memanjang dan diamkan lagi sekitar 15 menit dan potong kotak-kotak, oleskan permukaannya dengan air matang dan taburi gula.
  5. Goreng odading sampai kecokelatan, angkat dan sajikan.
baca juga

Tips Agar Odading Empuk


Tips Agar Odading Empuk
source: https://pinterest.com/

Seperti dilansir dari Food Detik, dalam buku Roti Goreng Modern karya Albertinus Hoesni, kue odading menggunakan tepung terigu protein tinggi dan sedang. Tepung terigu protein sedang digunakan agar odading empuk. Sedangkan tepung terigu protein tinggi agar odading mengembang ke atas.

Agar adonan odading empuk, gula yang digunakan tak lebih dari 15 persen berat tepung. Kuning telur atau telur utuh dapat membuat odading empuk. Kandungan lecithin alami dalam kuning telur berfungsi sebagai emulsifier serta menambah volume roti.