Memasuki trimester kedua, kondisi kehamilan Kimberly Ryder melemah hingga alami pendarahan. Dokter menyebut pendarahan yang dialami karena dirinya masih memberikan ASI eksklusif pada Rayden, anak pertamanya. Hingga akhirnya artis cantik ini terpaksa berhenti menyusui.

Menjawab pertanyaan netizen, Kimberly Ryder membagikan kisahnya di Instagram. Ia menuliskan pengalamannya yang alami pendarahan hingga terpaksa hentikan ASI Eksklusif pada Rayden.

“Alhamdulillah aku bisa mengASIhi Rayden dari lahir secara exclusive (tanpa bantuan sufor / MPASI dini) dan directly (bukan hasil pompa),” tulis Kymberly Ryder.

Alami Pendarahan, Kimberly Ryder Berhenti Menyusui Anaknya
source: https://www.instagram.com/kimbrlyryder/

Seperti bayi laki-laki pada umumnya, Rayden menyusu sangat banyak. Sayangnya, Kimberly harus berhenti menyusui Rayden di usianya yang masih 6 bulan.

“Tp sedihnya Rayden harus stop menyusui di umur 6 bulan. Saat itu aku udah tau aku mau masuk trimester ke2 dan semuanya lancar2 aja sampai akhirnya aku pendarahan,” tulisnya.

Saat jalani pemeriksaan, dokter kandungan menyebut pendarahan terjadi akibat proses menyusui yang menyebabkan kontraksi pada kehamilannya. Walau yakin dan percaya ASI jauh lebih baik dan banyak ibu hamil yang sukses jalani tandem nursing, Kimberly harus menelan pil pahit bahwa dirinya harus berhenti menyusui anak pertamanya.

Beberapa hari setelah berhenti menyusui, Kimberly dan suami memulai fase MPASI Rayden. Aktris sekaligus model cantik ini mengaku sempat menangis saat Rayden merengek minta susu.

Alami Pendarahan, Kimberly Ryder Berhenti Menyusui Anaknya
source: https://www.instagram.com/kimbrlyryder/

“Aku sempet nangis sih disuruh stop ASI sama dokter, Rayden ngerengek beberapa hari minta, udah gitu sakitnya ‘mastitis’ seminggu bengkak nga boleh ASI atau pompa...,” ungkap Kimberly.

baca juga

Kondisi kehamilan Kimberly semakin buruk dan alami pendarahan selama 3,5 minggu. Hal ini membuat Kimberly harus istirahat total. Hingga sang suami, Edward Akbar yang mengurus segala keperluan Kimberly dan Rayden.

“❤️3.5 minggu bener2 diurusin suami tersayang @edward_akbar (sampe dia yg buatin Rayden makanan MPASI nya). Pusingin kita berdua tiap hari... Hebat deh pokoknya suamiku inihhh!,” tulisnya lagi.

Alami Pendarahan, Kimberly Ryder Berhenti Menyusui Anaknya
source: https://www.instagram.com/edward_akbar/

Berkat bantuan suami dan sahabat, Kimberly berhasil melewati masa sulitnya dan kembali sehat. Kimberly menyebut pendarahan yang dialaminya berhenti setelah salah seorang sahabatnya membuatkan Chinese herbal black chicken soup with bird nest.

“Sekarang Alhamdulillah semua baik2 aja. Bisa beberes dirumah, main sama anak, jalan2 jauh… Walaupun cepet capek karena nih perut membesaaar. Babynya baik2 aja, Alhamdulillah sehat semua. Kuat dia kayak kakanya yang pas 2 bulan di kandungan udah diajak ke Jepang hehe,” tulis Kimberly Ryder.