Berikut 10 makanan yang bisa menyebabkan heartburn selama kehamilan seperti dilansir dari Boldsky:

Keju


Keju
source: https://freepik.com/

Meskipun Moms sangat menyukai keju, sebaiknya hindari mengonsumsinya secara berlebihan selama kehamilan. Kandungan lemak yang tinggi pada keju dapat meingkatkan keasaman dan memicu heartburn pada ibu hamil. Makanan dengan kandungan lemak tinggi memperlambat proses pencernaan, menyebabkan peningkatan tekanan pada perut hingga mendorong asam kembali ke kerongkongan, ini yang menyebabkan heartburn.

baca juga

Alpukat


Alpukat
source: https://freepik.com/

Meskipun menyehatkan, mengonsumsi alpukat secara berlebihan selama kehamilan tak dianjurkan. Kandungan lemak tinggi dalam alpukat dapat menyebabkan refluks asam dan heartburn. Penelitian mengungkapkan bahwa heartburn, terutama pada trimester ketiga, disebabkan oleh konsumsi asam lemak tak jenuh ganda.

Cokelat


Cokelat
source: https://freepik.com/

Mengonsumsi cokelat tak dianjurkan selama kehamilan. Selain mengandung kafein, coklat juga memiliki theobromine, sejenis methylxanthine yang menyebabkan heartburn dan refluks asam. Namun jika Moms sangat ingin makan cokelat, konsumsilah dalam jumlah kecil atau pilih dark Chocolate.

baca juga

Kafein


Kafein
source: https://freepik.com/

Minuman berkafein seperti teh, kopi dan soda diketahui dapat menyebabkan heartburn pada ibu hamil. Jangan pernah meminum kopi saat perut kosong selama masa kehamilan. Ibu hamil juga sebaiknya menghindari minuman bersoda. Jika tak bisa melewatkannya, Moms bisa membatasi asupan kafein dalam tubuh. Selama hamil, batasi asupan kafein dengan hanya mengonsumsinya 1-2 gelas sehari.

Makanan Panggang Olahan


Makanan Panggang Olahan
source: https://freepik.com/

Makanan panggang olahan sarat dengan pewarna buatan serta pengawet. Gula putih halus dan tepung serbaguna diketahui dapat menyebabkan heartburn pada ibu hamil. Jika Moms sangat menginginkannya, coba buatlah sendiri di rumah atau pilih makanan yang baru dipanggang.

Makanan Pedas


Makanan Pedas
source: https://freepik.com/

Konsumsi makanan pedas merupakan penyebab utama heartburn pada ibu hamil. Makanan pedas mengandung senyawa Capsaicin yang dapat memperlambat laju pencernaan dan memicu heartburn. Lada, capsicum dan cabai tak disarankan dimakan mentah oleh ibu hamil. Jika sangat ingin mengonsumsinya, pastikan Moms memakannya dalam porsi kecil dan tak terlalu pedas.

Peppermint


Peppermint
source: https://freepik.com/

Peppermint bila dikonsumsi menyebabkan relaksasi otot sfingter yang ada di antara perut dan kerongkongan. Selama kehamilan, otot-otot ini sudah cukup mengendur, cairan atau asam lambung dapat dengan mudah kembali ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn. Ibu hamil sebaiknya hindari peppermint dan makanan beraroma peppermint.

Bawang Putih


Bawang Putih
source: https://freepik.com/

Komponen utama dalam bawang putih yaitu fruktan tidak sepenuhnya dicerna oleh tubuh. Hal ini dapat memicu heartburn pada wanita selama kehamilan. Sebaiknya hindari konsumsi bawang putih selama kehamilan agar terhindar dari heartburn, Moms.

Daging Sapi


Daging Sapi
source: https://freepik.com/

Kandungan lemak yang tinggi dalam daging menyebabkan heartburn pada ibu hamil. Jika Moms sangat ingin memakan daging, sebaiknya pilih potongan yang lebih ramping dengan jumlah lemak yang lebih sedikit. Potongan daging tanpa lemak akan mengurangi heartburn.

Alkohol


Alkohol
source: https://freepik.com/

Tak hanya mengganggu pertumbuhan janin dalam kandungan, alkohol juga menyebabkan heartburn pada ibu hamil. Alkohol menyebabkan kelahiran bayi prematur, berat badan bayi baru lahir rendah, aborsi spontan, dan keterlambatan perkembangan bayi.