Berteriak dan Membentak Anak


Berteriak dan Membentak Anak
source: https://freepik.com/

Saat anak tak mendengarkan orangtua, terkadang Moms merasa kesal hingga akhirnya berteriak dan membentak anak. Moms berharap dengan membentak atau berteriak, anak akan patuh dan mendengarkan orangtua. Mungkin sikap ini terkadang berhasil membuat anak diam dan menurut. Namun hal ini hanya sementara dan malah akan menimbulkan luka dalam hati anak.

Anak belum tentu mengerti maksud kenapa Moms dan Dads berteriak dan membentaknya. Seiring pertumbuhannya, anak tumbuh menjadi keras kepala. Begitu pula ketika ia berselisih paham dengan temannya, ia akan berteriak seperti yang dilakukan orangtuanya.

Pola Asuh Otoriter


Pola Asuh Otoriter
source: https://freepik.com/

Menerapkan pola asuh otoriter pada anak tak selalu berhasil membuat anak patuh dan menurut. Orangtua yang terlalu memaksakan keinginan tanpa melihat kondisi serta kemampuan anak malah akan menumbuhkan sikap keras kepala sang anak.

Moms dan Dads mungkin berpikir bersikap keras dan tegas akan membuat anak bersikap baik. Namun terlalu memaksakan anak untuk mengikuti semua keinginan Moms malah akan membuat anak melawan dan pada akhirnya bersikap keras kepala.

baca juga

Tidak Konsisten


Tidak Konsisten
source: https://freepik.com/

Saat si kecil keras kepala, sebaiknya moms sebagai orangtua bersikap konsisten. Tentukan pada anak apa yang boleh dan tak boleh dilakukan. Sehingga lama kelamaan anak akan memahami apa yang boleh dan tidak boleh dia lakukan serta apa yang akan membuat Moms marah dan apa yang tidak.

Sikap tidak konsisten orangtua akan menjadi celah untuk anak mendapatkan keinginannya. Anak akan merasa sikap keras kepalanya sebagai cara ampuh agar keinginannya dituruti orangtua.

Menyelesaikan Masalah dengan Suara Keras


Menyelesaikan Masalah dengan Suara Keras
source: https://image.freepik.com/

Anak akan tumbuh menjadi keras kepala jika Moms dan Dads selalu menyelesaikan masalah dengan suara keras dan nada tinggi. Saat Moms dan Dads marah hingga memarahinya dengan nada tinggi, Moms berharap dapat menaklukkan sang anak. Hal ini malah jadi contoh buruk yang akan diikutinya saat tumbuh dewasa nanti.

Anak berpikir berbicara keras dengan nada tinggi akan membuatnya menang dan didengarkan. Mereka akan menganggap bersuara keras dan nada tinggi jadi cara menyelesaikan suatu masalah.

baca juga

Selalu Mengabulkan Keinginan Anak


Selalu Mengabulkan Keinginan Anak
source: https://freepik.com/

Mungkin Moms dan Dads akan merasa kasihan saat melihat si kecil menangis dan merengek meminta sesuatu yang diinginkannya. Namun sikap tak tega dan selalu memanjakan akan membuat anak menjadi keras kepala. Ketika Moms tak memberikan apa yang dia mau, anak akan menunjukkan sikap keras kepalanya.

Anak yang tumbuh dengan pola asuh dimanjakan ini akan memiliki sifat keras kepala yang tinggi. Si kecil akan tumbuh menjadi seseorang yang egois dan hanya mementingkan keinginannya sendiri serta sulit beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya.