Gatal pada puting payudara menjadi masalah yang menjengkelkan. Moms juga akan merasa malu untuk menggaruknya saat sedang berada di tempat umum atau bersama keluarga dan kerabat. Berikut 7 penyebab rasa gatal di area puting payudara seperti dilansir dari Boldsky:

Kehamilan


Kehamilan

Tak hanya perubahan tubuh dan kulit, masalah umum yang dihadapi ibu hamil adalah putting payudara gatal. Seiring pertumbuhan janin dalam perut, payudara juga membesar untuk persiapan menyusui bayi. Stretch Marks mulai terlihat di beberapa bagian tubuh.

Termasuk di payudara yang mulai muncul kerutan, puting memanjang dengan putting yang meregang hingga menyebabkan rasa gatal. Pelembap dengan formula ringan dapat membantu meredakan rasa gatal di puting payudara.

baca juga

Menyusui


Menyusui

Ibu menyusui juga rentan alami gatal di bagian puting payudara. Hal ini disebabkan adanya tekanan pada puting akibat payudara yang membesar sehingga bayi baru lahir kesulitan lakukan pelekatan saat menyusu.

Saluran susu yang membengkak serta sisa ASI yang menempel di puting payudara juga dapat menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Kompres dingin dapat membantu meredakan rasa gatal di puting usai menyusui. Serta rutin membersihkan puting dari sisa ASI dapat membantu mengurangi penyebab gatal.  

Sariawan Pada Puting Payudara


Sariawan Pada Puting Payudara

Ibu menyusui juga rentan terserang kandidiasis atau sariawan pada puting payudara. Hal ini disebabkan oleh infeksi jamur serta menyebabkan rasa gatal yang mengganggu. Tanda-tanda ibu menyusui alami sariawan pada puting adalah kulit yang bersisik atau berkilau disertai rasa gatal. Sariawan pada puting payudara juga dapat menyebar pada bayi dengan tanda-tanda sariawan yang terlihat di sekitar mulut bayi.

baca juga

Alergi


Alergi
source: https://freepik.com/

Penyebab puting payudara gatal lainnya adalah alergi atau dermatitis kontak. Reaksi alergi yang terlihat berupa ruam atau perubahan warna pada kulit. Dalam beberapa kasus, pakaian dalam atau produk kosmetik dapat menyebabkan alergi. Seperti bahan kain atau pewarna yang digunakan dalam pembuatan bra dapat menyebabkan alergi dan rasa gatal.

Jika hal ini terjadi dan Moms alami gatal di puting payudara, segera berhenti memakai bra tersebut untuk beberapa waktu. Gunakan bra dengan bahan kain yang dapat membuat kulitmu bernapas. Rasa gatal akan berkurang secara perlahan.

Menopause


Menopause
source: https://freepik.com/

Kulit wanita menopause cenderung lebih kering dan lebih mudah iritasi. Seiring dengan fluktuasi hormon, ada lebih sedikit minyak yang diproduksi oleh kulit. Hal ini dapat memicu rasa gatal di area puting payudara.

Pengobatan Kanker


Pengobatan Kanker
source: https://freepik.com/

Pengobatan untuk kanker juga bisa jadi penyebab puting payudara gatal. Terapi radiasi membuat kulit lebih kering dan rentan bermasalah. Selain itu, obat-obatan yang diberikan selama kemoterapi, seperti alkaloid dan antimetabolit, juga dapat menyebabkan pruritus atau gatal parah pada kulit.

Paget Puting Susu


Paget putting susu atau penyakit paget pada payudara merupakan jenis kanker langka yang terjadi di area kulit sekitar areola puting, yaitu kulit berwarna hitam di sekitar puting susu. Gejala dari penyakit ini adalah rasa gatal yang parah di area puting, sensasi kesemutan, rasa terbakar, dan nyeri.