1. Gunakan Air Panas

Setelah selesai digunakan, sebaiknya moms langsung mencuci botol susu, karena untuk menghindar bakteri yang bersarang lebih lama di dalam botol. Baiknya Moms menggunakan sabun khusus untuk mencuci peralatan bayi hingga bersih dengan air yang mengalir. Setelah dicuci bersih, rendam botol susu denga air mendidih untuk mematikan bakteri yang masih menempel di botol. 

source: http://camnangnuoidaytre.org

2. Gunakan Sikat Pembersih

Bagian dalam karet dan permukaan di dalam botol merupakan tempat yang paling banyak berkumpulnya bakteri. Oleh sebab itu Moms bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan bagian dalam dan karet pada botol susu. Sikat lebih lama pada bagian karet botol untuk memastikan seluruh kotoran hilang dan bersih. 

source: https://liputan6.com
<baca juga>

3. Lepas Semua Bagian Botol

Ketika sudah dipakai lepas semua bagian botol, mulai dari ujung botol, penutup botol, hingga karet botol susu. Sikat semua bagian hingga bersih dengan menggunakan sabun khusus perlengkapan bayi. Setelah selesai dicuci diamkan botol dengan menaruhnya secara terbalik, agar semua air menetes dan kering dari botol susu. 

source: http://livestrongcdn.com

4. Gunakan Lap Bersih

Setelah semua botol susu dan bagian-bagiannya dibersihkan, keringan dengan menggunakan lap kain bersih yang belum dipakai. Setelah kering dan bersih, letakkan botol susu di tempat yang kering atau tempat khusus untuk menyimpan perlengkapan bayi. Selain itu, baiknya Moms tidak meletakkan botol susu di dekat makanan karena bisa mengundang semut yang bisa mengotori botol si kecil. 

source: http://www.babypolitico.com