Tanda tahu sudah basi dan tak bisa dimakan adalah bau asam yang tercium serta lendir pada lapisan tahu. Tahu yang sudah basi juga akan berubah warna menjadi kecokelatan. Jika sudah seperti ini, sebaiknya jangan dimakan lagi, Moms.

Untuk menyiasati agar tahu tahan lama dan tidak mudah basi, coba ikut beberapa cara berikut ini:

Cuci Bersih Tahu


Cuci Bersih Tahu
source: https://food.detik.com/

Lepas bungkusan tahu dan buang air dalam kemasan. Air dalam kemasan yang biasanya ada pada tahu bertujuan agar tahu tetap segar. Namun ketika Moms sudah membelinya, sebaiknya buang air dalam kemasan tersebut lalu cuci bersih tahu pada air mengalir. Lalu tiriskan.

Simpan tahu yang sudah dibersihkan dalam wadah tertutup dan tambahkan air matang di dalamnya. Lalu simpan di dalam lemari es. Cara ini bisa membuat tahu bertahan hingga setidaknya 3 hari di dalam lemari es.

baca juga

Kukus Tahu


Kukus Tahu
source: https://food.detik.com/

Jika ingin tahu lebih tahan lama dan tidak basi, Moms bisa mengukusnya setelah dicuci bersih. Pastikan taka da lendir dan tahu tak berbau asam. Letakkan dalam wadah tahan panas. Lalu kukus dalam panic kukusan selama kurang lebih 30 menit.

Dinginkan tahu setelah matang. Lalu simpan dalam wadah tertutup di lemari es. Cara ini bisa membuat tahu tahan lama dan tidak basi selama satu minggu.

Namun perlu diperhatikan Moms, beberapa jenis tahu tak cocok jika dikukus. Seperti tahu air dan tahu pong karena teksturnya yang berlubang-lubang dan kurang gurih ketika dimasak.

Rebus Tahu


Rebus Tahu
source: https://freepik.com/

Cara lainnya menyimpan tahu agar tahan lama dan tidak basi adalah dengan merebusnya. Setelah tahu dicuci bersih, masukkan tahu dalam air yang sudah mendidih. Tambahkan bawang putih dan garam serta lada untuk menambah rasa. Jadi saat ingin memasaknya, Moms tak perlu lagi menambahkan rasa pada tahu. Penambahan bawang putih pada air rebusan juga bermanfaat membuat Tahu lebih tahan lama dan tidak mudah basi.

baca juga

Tahu Kemasan


Tahu Kemasan
source: https://pinterest.com/

Jenis tahu seperti tahu Jepang atau biasa disebut Tofu biasanya dijual dalam bentuk kemasan plastik silinder atau kotak plastik. Jenis tahu sutera dan egg tahu memiliki tekstur yang halus karena diproses dari sari kedelai murni. Tahu ini mudah hancur dan rusak, karenanya harus disimpan di dalam lemari es.

Tahu kemasan jenis ini juga harus langsung dimasak ketika sudah dibuka. Jangan disimpan lagi setelah dibuka karena tahu ini mudah basi. Perhatikan juga tanggal kedaluwarsanya ya, Moms.