Kehamilan tidak menjadi alasan untuk kamu mengabaikan perawatan kulit untuk beragam masalah yang kamu miliki. Berikut ini adalah beberapa alternatif bahan dasar produk skincare untuk beberapa masalah kulit yang aman bagi ibu hamil.

Jangan Bingung Memilih! Ini Dia Bahan Skincare Alternatif yang Aman untuk Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com/


Jerawat dan Hiperpigmentasi

Jika kamu memiliki kulit yang rentan berjerawat dan bermasalah dengan hiperpigmentasi, ada beberapa alternatif yang lebih aman untuk menggunakan produk berbahan dasar retinoid selama hamil. Salah satu yang paling efektif adalah asam glikolat.

Asam glikolat dalam jumlah banyak tidak dianjurkan selama kehamilan, tetapi para ahli mengatakan bahwa ini aman jika digunakan dalam jumlah kecil yang biasa ditemukan pada produk kecantikan yang dijual bebas. Asam glikolat dan sejenisnya, seperti azelaic acid, juga dapat membantu mengurangi garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan mengurangi peningkatan pigmentasi kulit.
 


Anti Penuaan/ Kerutan

Jangan pernah sepelekan penggunaan produk perawatan untuk menangkal penuaan dan kerutan di wajah. Pasalnya, produk anti-aging dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh, sekaligus meningkatkan vitalitas kulit dengan melindungi kulit dari kerusakan dan menjaga kolagen. Nah, produk antioksidan yang aman untuk kehamilan lainnya yang bisa dicoba dalam produk perawatan kulit dapat berupa:

  • vitamin E
  • vitamin K
  • vitamin B3
  • teh hijau
Jangan Bingung Memilih! Ini Dia Bahan Skincare Alternatif yang Aman untuk Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com/


Kulit Kering dan Stretch Mark

Tidak diragukan lagi bahwa kehamilan membuat tubuhmu membutuhkan lebih banyak cairan. Jangan heran jika kamu kekurangan asupan air, tubuh akan menariknya dari persediaan air di tubuhmu. Ditambah lagi dengan perubahan hormon yang dapat menyebabkan kulit kering. Selain banyak minum air, produk pelembab yang mengandung minyak kelapa, cocoa butter, peptida, dan hyaluronic acid (HA) dapat kamu gunakan untuk meningkatkan hidrasi.

Selain itu, untuk penanganan menyangkut stretch mark, salah satu strategi untuk mencegahnya adalah dengan sering melembabkan zona berisiko untuk membantu kulit meregang secara alami tanpa menyebabkan peregangan kulit yang membekas.

baca juga


Perlindungan Matahari

Perlindungan sinar matahari adalah salah satu hal terpenting yang dapat kamu lakukan untuk perlindungan keriput dan kanker kulit jangka panjang. Tapi bagaimana seorang wanita dapat melindungi kulitnya dengan aman selama kehamilan?

Hingga saat ini masih belum bisa dipastikan tentang keamanan tabir surya berspektrum luas dengan bahan kimia. Jadi, cobalah tabir surya berbahan dasar mineral yang melindungi kulit dengan membuat sinar UV untuk memantul dari kulit. Bahan tabir surya berbahan dasar mineral ini dapat berupa seng oksida dan titanium dioksida. 

Jangan Bingung Memilih! Ini Dia Bahan Skincare Alternatif yang Aman untuk Ibu Hamil
source: https://www.freepik.com/

Nah, itulah beberapa alternatif produk perawatan kulit yang aman untuk ibu hamil. Namun, pastikan untuk mendiskusikan keamanan produk perawatan kulitmu dengan dokter kulit dan dokter kandunganmu. Mereka akan memberikan arahan untuk produk yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kehamilanmu.