Sebenarnya nih, Mom, ingus merupakan sistem alami yang berfungsi untuk menyaring dan membantu mengeluarkan bakteri serta virus berbahaya dari tubuh. Ingus yang diproduksi sebenarnya membuat anak tetap sehat namun seringnya dianggap sesuatu yang mengganggu.

Pada bayi, ingus dapat membuat si kecil kesulitan bernafas serta mempengaruhi waktu tidur dan makannya. Berikut 5 tips mengeluarkan ingus pada anak seperti dilansir dari Haibunda:

Gunakan Alat Isap


Gunakan Alat Isap
source: https://haibunda.com/

Cara praktis dan cepat yaitu dengan menggunakan alat isap seperti aspirator hidung atau pengisap ingus. Alat isap ini membantu mengeluarkan ingus dalam hidung anak. Namun keluarkan hanya seperlunya saja jika dirasa anak sudah mampu bernapas dengan nyaman. Hentikan pemakaian alat isap ini jika terjadi iritasi.

Perlu diketahui, ingus berfungsi menjaga tubuh dari bakteri dan virus, sehingga tindakan mengisap atau mengeluarkan ingus sebenarnya malah akan membuatnya terus terproduksi. Jadi Moms, semakin sering ingus dikeluarkan, maka semakin banyak hidung memproduksi ingus.

baca juga
@mommyasia.id

Coba ##tag ##istri atau ##suaminya di komen! ##hamil ##bercinta ##nikah ##kawin ##pasanganromantis ##cinta ##tipsbumil ##ibuhamil ##kehamilan ##hamil

♬ Gatal Gatal - WlngtnnGhea

Pakai Tetesan Air Garam


Jika ingus masih kental dan sulit dikeluarkan, cobalah gunakan beberapa tetes semprotan hidung saline atau air garam yang dijual bebas di pasaran. Cairan ini membantu mengencerkan ingus di dalam hidung agar mudah dikeluarkan. Semprotan hidung antihistamin ini dapat mengurangi pilek, hidung tersumbat dan bersin yang disebabkan oleh alergi dan iritasi.

baca juga

Seka dengan Kain


Seka dengan Kain
source: https://image.freepik.com/

Penggunaan humidifier dapat membantu memudahkan ingus keluar dari hidung. Tapi sebenarnya, Moms hanya perlu menyeka ingus yang keluar dari hidung dengan kain basah atau lembap. Sebaiknya tambahkan sedikit minyak pada kain yang basah atau lembap untuk memberikan efek melegakan, menjaga dan meringankan iritasi yang bisa saja terjadi pada kulit di bawah hidung ketika Moms berulang kali menyeka ingusnya.

Berendam atau Mandi Air Hangat


Berendam atau Mandi Air Hangat
source: https://image.freepik.com/

Ingus di dalam hidung menimbulkan rasa tidak nyaman pada anak. Moms bisa mengatasinya dengan mengajak anak berendam atau mandi dengan air hangat. Selain bermanfaat membuat tubuh anak menjadi lebih baik, mandi air hangat membantu mengencerkan ingus di hidung anak.

Pakai Cara Tradisional


Moms juga bisa menggunakan cara tradisional untuk mengeluarkan ingus pada anak. Yaitu dengan memegang tisu di atas hidung anak, pinta anak untuk menutup mulutnya, lalu berpura-pura meniup lilin ulang tahun atau gelembung dengan hidungnya. Cara ini mungkin perlu diulangi beberapa kali.