Penyebab utama pusing biasanya karena berkurangnya aliran darah ke otak dalam waktu singkat. Pusing pada anak umumnya terjadi karena anak dehidrasi, kelelahan, terpapar sinar matahari atau mandi air hangat terlalu lama, melewatkan jadwal makan dan lupa minum, hingga mabuk dan mual perjalanan.

Pusing juga bisa jadi gejala anak sedang terserang penyakit flu, batuk dan pilek dengan ditandai demam tinggi. Biasanya Moms akan memberikan obat pereda pusing dan sakit kepala ya. Namun ternyata ada cara alami untuk mengatasi pusing pada anak. Berikut 5 cara alami menghilangkan pusing pada anak seperti dilansir dari Haibunda:

Banyak Minum Air Putih


Banyak Minum Air Putih
source: https://freepik.com/

Umumnya pusing yang dialami anak-anak akibat dehidrasi. Saat bermain atau sedang asik dengan aktivitasnya, anak terkadang lupa untuk minum hingga alami dehidrasi. Karenanya Moms, pastikan anak tetap terhidrasi sepenuhnya, terutama ketika mereka sakit, setelah berolahraga atau saat cuaca panas.

Banyak minum air putih sangat dianjurkan untuk membantu meredakan gejala, menenangkan dan menghidrasi tubuh. Bisa juga meminum minuman elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi.

baca juga
@mommyasia.id

##Kamu ##lebih ##suka yang ##mana nih ##moms ? ##anakkecil ##fypind ##ibudananak ##hijabindonesia ##hijabgirl ##mamamuda ##bonding ##fashionindonesia ##fashionmom

♬ MIC Drop (Steve Aoki Remix) [Full Length Edition] - BTS

Minum Teh Jahe


Minum Teh Jahe
source: https://freepik.com/

Saat pusing diakibatkan karena mabuk perjalanan, Moms bisa mengatasinya dengan meminum seduhan jahe atau teh jahe. Seperti diketahui, jahe memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengurangi mabuk perjalanan. Jadi, jika Moms berencana untuk melakukan perjalanan jauh, bawalah jahe bubuk untuk membantu mengatasi mual dan pusing selama perjalanan.

baca juga

Istirahat


Istirahat
source: https://freepik.com/

Mengistirahatkan tubuh dengan tidur jadi salah satu cara ampuh mengatasi pusing. Pasa anak-anak, khususnya yang sedang sakit, tidur siang dapat membantu meredakan pusing dan meningkatkan daya tahan tubuh. Beberapa masalah kesehatan, termasuk pusing dan sakit kepala juga muncul akibat kurangnya waktu tidur lho, Moms.

Jangan Mandi Air Panas Terlalu Lama


Jangan Mandi Air Panas Terlalu Lama
source: https://freepik.com/

Mandi atau berendam air panas terlalu lama bisa jadi penyebab pusing dan sakit kepala. Suhu panas dapat melebarkan pembuluh darah yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah. Tekanan darah yang rendah bisa memicu pusing atau sakit kepala.

Pijat Tubuh


Pijat Tubuh
source: https://freepik.com/

Aktivitas yang santai dapat meningkatkan rasa tenang dan membantu meredakan pusing. Cobalah lakukan pijatan ringan pada tubuh anak untuk membantu mengurangi rasa cemas dan menenangkannya.

Pijatan dengan prinsip-prinsip akupresur akan membantu menstimulasi aliran darah di dalam tubuh serta membantu mengatasi pusing yang berulang. Sedikit minyak lavender juga bisa memberi rasa tenang dan nyaman serta meredakan pusing.