Lidah Buaya


Lidah Buaya
source: https://freepik.com/

Seperti diketahui Moms, lidah buaya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Lidah buaya memiliki sifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan dan infeksi. Lidah buaya juga bisa mengatasi rasa gatal serta perih pada kulit. Sifat antimikroba dalam lidah buaya berfungsi membunuh bakteri penyebab ruam popok.

Cara mengatasi ruam popok dengan lidah buaya cukup mudah Moms. gunakan lidah buaya yang masih segar atau dalam keadaan utuh. Ambil bagian gelnya lalu oleskan perlahan pada area ruam dengan gerakan memutar. Bisa juga dengan menggunakan gel lidah buaya yang kini banyak dijual di pasaran.

ASI


ASI
source: https://freepik.com/

Salah satu obat alami mengatasi ruam popok ternyata adalah Air Susu Ibu atau ASI. ASI dikenal mampu melawan infeksi dan memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk kekebalan tubuh bayi. Cara mengatasi ruam popok dengan ASI yaitu usapkan beberapa tetes ASI pada area kulit yang mengalami ruam kemerahan. Lalu diamkan hingga kering tanpa dibilas lagi.

baca juga

Yogurt


Yogurt
source: https://freepik.com/

Yogurt memiliki sifat anti inflamasi dan probiotik. Sehingga efektif melawan berbagai infeksi dan mikroba yang menyebabkan gatal dan perih di kulit. Rutin memberikan yogurt pada si kecil bisa membuatnya kebal dari ruam popok, Moms.

Cara mengatasi ruam popok dengan yogurt yaitu oleskan yogurt secukupnya pada kulit bayi yang mengalami ruam popok. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air bersih. Perlu diingat Moms, gunakan yogurt tanpa perasa dan pemanis tambahan ya.

Virgin Coconut Oil


Virgin Coconut Oil
source: https://freepik.com/

Virgin coconut oil (VCO) atau minyak kelapa murni dapat digunakan sebagai bahan alami mengatasi ruam popok. Rutin mengoleskan VCO juga membantu mencegah terjadinya ruam popok di kulit bayi yang sensitif. VCO memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus yang membantu meredakan ruam. Lemak jenuh dalam VCO membantu menjaga kulit bayi tetap lembut dan lembap.

Cara mengatasi ruam popok pada bayi dengan VCO yaitu oleskan bahan alami ini pada area kulit yang ruam setelah dibersihkan terlebih dahulu. Beri pijatan lembut agar VCO meresap ke dalam kulit. Ulangi pemakaian 1-2 kali dalam sehari ya, Moms.

baca juga

Olive Oil


Olive Oil
source: https://freepik.com/

Selain lidah buaya dan VCO, olive oil atau minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk meredakan ruam popok. Olive oil berfungsi menenangkan kulit, mengurangi kemerahan dan gatal akibat ruam. Cara mengatasi ruam popok yaitu oleskan olive oil di area kulit yang ruam. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan hingga kering.

@mommyasia.id

Anaknya ##minum ##susu formula apa bun? ##comment di ##bawah ya! ##anak ##tiktokanakkecillucu ##anakkecil ##fyp ##fypindonesia ##anakjoget ##viralindonesia

♬ LEMON TREE - Giriel☁️

Oatmeal


Oatmeal
source: https://freepik.com/

Siapa sangka, Moms, oatmeal juga dapat digunakan untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Cara mengatasi ruam popok dengan oatmeal yaitu taburkan satu sendok oatmel ke dalam bak mandi bayi. Biarkan si kecil berendam selama 10 hingga 15 menit untuk meredakan ruam popok.

Mandi Air Hangat


Berendam dan mandi air hangat jadi cara paling mudah mengatasi ruam popok, Moms. siapkan air hangat suam-suam kuku. Biarkan si kecil berendam dalam air hangat selama 10-15 menit. saat hendak dipakaikan popok, pastikan area sekitar bokong dan paha benar-benar kering ya, Moms.