Sebagai seorang perempuan, Moms tentu sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan vagina. Sayangnya, masih banyak perempuan yang kurang menjaga kebersihan vagina hingga terserang jamur serta penyakit lainnya.

Meskipun vagina memiliki kemampuan membersihkan dirinya sendiri melalui cairan yang diproduksinya, Moms tetap harus menjaga kebersihan dan kesehatan organ sensitif ini. Miss V yang sehat pasti akan membuat Moms tetap fit dan happy, kan. Nah, agar miss V tetap sehat berikut 5 tips perawatannya seperti dilansir dari Health Detik:

Pakai Celana Dalam Berbahan Katun


Pakai Celana Dalam Berbahan Katun
source: https://unsplash.com/

Hindari memakai celana dalam dengan bahan yang tebal dan panas. Pilihlah celana dalam dengan bahan katun yang nyaman di kulit. Seperti diketahui Moms, bahan katun terbuat dari potongan-potongan kapas. Bahan ini membantu vagina bernapas dan melancarkan sirkulasi udara hingga menyerap kelembapan.

baca juga
@mommyasia.id

#Basmi #biang #keringat yuk #moms ! #bayi #kesehatan #bayilucu #goyang #joget #gemes #bayigemes #fypind #fypindo

♬ AHH MANTAP - 𝕝𝕖𝕩𝕩𝕒𝕒𝕝𝕪𝕟☘︎︎

Hindari Penggunaan Sabun Beraroma


Hindari Penggunaan Sabun Beraroma
source: https://unsplash.com/

Sabun dengan wewangian yang menyegarkan mungkin baik untuk tubuh, tapi tidak untuk vagina, Moms. Vagina tidak memiliki lapisan pelindung ekstra. Penggunaan sabun dengan berbagai macam aroma malah dapat mengeringkan vagina. Sebaiknya bersihkan vagina dengan air hangat atau gunakan sabun yang lembut dan tanpa pewangi.

baca juga

Hindari Antibiotik


Hindari Antibiotik
source: https://freepik.com/

Hindari penggunaan antibiotik secara berlebihan. Menggunakan dan mengonsumsi antibiotik melebihi dosis dan tak sesuai anjuran dokter dapat mengurangi kesehatan vagina. Hal ini karena antibiotik bisa membunuh bakteri baik dalam tubuh. Dimana selanjutnya bisa mengubah flora vagina yaitu koloni bakteri sehat hingga menyebabkan timbulnya jamur maupun infeksi lainnya.

Pakai Kondom Saat Berhubungan Seks


Pakai Kondom Saat Berhubungan Seks
source: https://freepik.com/

Memakai kondom saat berhubungan seksual merupakan salah satu cara efektif melindungi vagina dari penyakit menular seksual (PMS). Sebuah studi yang diterbitkan Journal PLos One tahun 2013 menemukan bahwa kondom membantu menjaga tingkat pH vagina tetap stabil ketika melakukan hubungan seksual. Hal ini membuat semua bakteri baik di vagina tetap sehat. Bakteri ini membantu mencegah infeksi jamur, infeksi saluran kemih (ISK) serta vaginosis bakteri.

Rutin Lakukan Pemeriksaan Vagina


Lakukan pemeriksaan vagina secara rutin Moms untuk mendeteksi dini penyakit pada kelamin. Hal ini juga membantu mencegah risiko fatal yang mungkin saja terjadi. Moms bisa melakukan pemeriksaan rutin ke ahli ginekologi untuk menjaga kesehatan miss V.