Mentega


Mentega
source: https://pexels.com/

Tidak hanya memiliki kandungan lemak hewani yang tinggi, mentega juga memiliki kandungan laktosa. Bayi belum siap untuk menolerir laktosa dan mencerna lemak hewani dalam tingkat konsentrasi tinggi di tahun pertama kehidupannya.

Keju Olahan


Keju Olahan
source: https://freepik.com/

Keju olahan dan keju yang belum diolah memiliki konsentrasi laktosa tinggi dan dapat menyebabkan kembung. Keju juga mengandung perasa serta pewarna buatan. Kandungan pengemulsi dan garam dalam keju olahan bisa menyebabkan kembung pada bayi.

baca juga

Produk Susu


Produk Susu
source: https://freepik.com/

Seperti dilansir dari Haibunda, kandungan protein dan laktosa dalam susu sapi bisa menyebabkan perut bayi kembung, khususnya pada bayi yang tidak toleran laktosa. Bayi dengan kondisi ini kekurangan enzim lactase untuk mencerna susu sapid an produk susu lainnya.

Beberapa produk susu seperti yogurt juga sulit untuk dicerna. Laktosa dalam yogurt dapat menyebabkan kembung hingga diare pada bayi. Sebagai alternative, Moms bisa mengonsumsi susu almond atau susu kedelai.

Brokoli


Brokoli
source: https://pexels.com/

Meski kaya nutrisi dan vitamin, brokoli bisa memnyebabkan ibu dan bayi kembung. Serat larut dalam brokoli tidak cepat terurai di usus sehingga sulit untuk dicerna. Faktanya nih Moms, brokoli tidak hancur hingga melewati usus besar.

baca juga
@mommyasia.id

Kalau #moms biasanya #makan apa nih biar #asi lancar? #ibubaru #newmom #ibu #mamacantik #bayi #sikecil #bayikecil #buahhati #bunda #bundakece #fypind

♬ It's Tricky - RUN DMC

Makanan dari Tepung


Makanan dari Tepung
source: https://freepik.com/

Sebaiknya Moms mengurangi makan makanan yang terbuat dari tepung seperti pizza dan pai. Makanan olahan ini dapat menimbulkan kembung dan gas di dalam perut. Makanan dari tepung juga tinggi kandungan garam, gula serta minyak. Minyak menambahkan lemak yang tidak bisa diproses dengan cepat oleh enzim di dalam sistem pencernaan bayi.

Makanan Kaya Serat


Makanan Kaya Serat
source: https://freepik.com/

Kembung pada ibu dan bayi yang disusui juga bisa disebabkan oleh makanan yang tinggi serat. Seperti gandum putih yang sulit dicerna dibandingkan jenis gandum lainnya. Jika bayi Moms sensitif terhadap gluten, sebaiknya kurangi porsi mengonsumsinya selama masa menyusui.

Makanan Pedas


Makanan Pedas
source: https://freepik.com/

Makanan pedas yang Moms konsumsi selama masa menyusui dapat menyebabkan kembung pada bayi. Hal ini karena pencernaannya belum siap mengolah dan mencerna dengan baik. Sebagian makanan pedas juga memiliki kandungan senyawa capsaicin yang bisa menyebabkan mulas.

Kafein


Kafein
source: https://freepik.com/

Kafein dalam makanan dan minuman seringkali jadi penyebab munculnya gas berlebihan pada tubuh ibu dan bayi. Sistem pencernaan bayi belum berkembang dengan baik dan belum bisa mengeluarkan kafein seperti halnya orang dewasa.

Minuman Bersoda


Minuman Bersoda
source: https://freepik.com/

Kandungan gula yang tinggi berpotensi mengganggu sistem pencernaan ibu dan bayi. Termasuk gula buatan dalam minuman bersoda yang sulit untuk diurai, sehingga sistem pencernaan bayi akan bekerja lebih keras sehingga menyebabkan lebih banyak gas.

Jus Jeruk


Jus Jeruk
source: https://freepik.com/

Zat asam yang tinggi dalam jeruk bisa mengiritasi sistem pencernaan bayi. Sebaiknya Moms membatasi asupan jus jeruk seperti seminggu sekali dan perbanyak mengonsumsi buah-buahan segar tinggi vitamin C.