Selai srikaya tidak menggunakan buah srikaya sebagai bahan dasarnya. Rasa manis dan gurih dari selai srikaya berasal dari gula merah, santan dan telur. Selain kaya rasa, selai srikaya memiliki tekstur yang kental sehingga terasa nikmat di lidah.

Selai srikaya juga memiliki beragam warna seperti kuning, oranye, cokelat dan hijau. Beragam warna dari selai srikaya tersebut berdasarkan bahan yang digunakan seperti warna kuning telur, karamelisasi gula serta esens yang ditambahkan. Jika ingin warna yang lebih pekat dan lebih gurih, Moms bisa mengunakan kuning telur bebek.

Bukan dari Buah, Ini Resep dan Cara Membuat Selai Srikaya
source: https://www.pinterest.co.uk/

Tidak hanya di Indonesia Moms, selai srikaya populer di Asia Tenggara yaitu Malaysia, Singapura, Brunei, Filipina dan Thailand. Rasanya yang rich dan khas membuat selai srikaya dijual dengan harga cenderung lebih tinggi dari selai lainnya.

Jika tak ingin merogoh kocek terlalu dalam, Moms bisa lho membuat selai srikaya sendiri di rumah. Tak hanya untuk cemilan keluarga, selai srikaya ini juga bisa jadi peluang usaha Moms di rumah. Intip resep dan cara membuat selai srikaya yuk, Moms!

@mommyasia.id

#Hindari dari #sekarang yuk #moms ! #lifegoeson #bts #hamil #bumil #ibuhamil #hamilmuda #hamiltua #ibu #melahirkan #persalinan #emak #fypind

♬ Life Goes On - BTS
baca juga

Resep Selai Srikaya


Resep Selai Srikaya

Bahan-bahan:

  • 200 ml santan kental
  • 4 butir kuning telur ayam, kocok lepas
  • 50 gram gula aren, sisir halus
  • 3 sdm gula pasir
  • 4 helai daun pandan
Cara membuat:
  1. Panaskan santan, gula pasir, gula aren, dan daun pandan dengan api sedang sambil diaduk agar santan tidak pecah. Matikan api jika sudah mendidih.
  2. Ambil sedikit campuran santan yang sudah mendidih, lalu tuang ke dalam telur yang sudah di kocok. Aduk rata.
  3. Tuang kembali kocokan telur dan santan ke dalam larutan santan yang sudah mendidih tadi. Panaskan kembali dengan api sedang sambil terus diaduk.
  4. Lakukan hingga adonan mengental. Kecilkan api dan masak hingga mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan.
  5. Matikan api jika selai sudah mencapai tingkat kekentalan yang diinginkan. Tunggu hingga dingin dan tak panas lalu tuang ke dalam wadah. Tutup rapat dan simpan dalam kulkas.