Terdapat beragam cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk mempercepat proses persalinan. Beberapa cara ini dapat dilakukan sejak awal kehamilan hingga persalinan tiba. Berikut 7 tips mempercepat pembukaan saat persalinan yang bisa Moms lakukan di rumah:

Buang Air Kecil Teratur


Buang Air Kecil Teratur
source: https://freepik.com/

Buang air kecil secara teratur membantu mempercepat pembukaan. Semakin dekat dengan HPL, biasanya Moms akan merasa tegang dan panik sehingga lebih banyak minum.

Hal ini berdampak pada kandung kemih yang lebih cepat penuh yang dapat menghambat kontraksi. Jika tak dikeluarkan secara teratur, hal ini akan memberikan tekanan pada serviks yang malah semakin memperlambat proses pembukaan.

Jadi Moms, sebaiknya jangan ditahan ketika ingin buang air kecil. Sering-seringlah buang air kecil agar proses pembukaan lebih cepat dan lancar.

baca juga

Jalan Kaki


Jalan Kaki
source: https://freepik.com/

Rutin berjalan kaki selama masa kehamilan sangat membantu mempercepat proses pembukaan jalan lahir. Moms yang rutin berjalan kaki selama kehamilan juga membantu janin menemukan jalan lahirnya. Berjalan kaki secara teratur setiap hari membantu janin lebih cepat turun kea rah jalan lahir.

Tekanan kepala janin pada mulut rahim membantu mempercepat pembukaan. Jalan kaki juga membantu menstimulasi kontraksi yang slanjutnya mendorong proses pembukaan. Tak perlu jauh-jauh Moms, lakukan jalan kaki di pagi hari di sekitar rumah atau taman. Ajak suami atau kerabat dekat untuk menemani Moms jalan kaki agar tak merasa bosan.

Olahraga Ringan


Olahraga Ringan
source: https://freepik.com/

Agar pembukaan lancar, ibu hamil tidak dianjurkan terlalu banyak berbaring atau duduk dalam waktu yang lama. Ibu hamil justru dianjurkan untuk lebih banyak bergerak. Moms bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, naik turun tangga secara perlahan, yoga atau senam hamil.

Olahraga ringan dianjurkan untuk mempercepat pembukaan karena membantu meregangkan serviks. Tapi jangan terlalu berambisi ya, Moms. Pahami kondisi tubuhmu dan lakukan senyaman mungkin selama kehamilan.

baca juga

Mandi Air Hangat


Mandi Air Hangat
source: https://freepik.com/

Tidak hanya bermanfaat membuat tubuh rileks, mandi air hangat juga membuat pikiran lebih tenang serta mengurangi ketegangan yang justru bisa mempercepat kontraksi dan pembukaan jalan lahir. Moms juga bisa berendam di dalam bath tub air hangat, namun pastikan ada yang menemani dan membantu Moms saat masuk dan keluar dari bath tub.

Gunakan Birth Ball


Gunakan Birth Ball
source: https://freepik.com/

Birth ball sangat bermanfaat untuk ibu hamil selama masa kehamilan. Birth ball dapat membantu menstimulasi konstraksi dan mempercepat pembukaan jalan lahir. Bola gym yang fleksibel ini digunakan untuk melancarkan persalinan dan mengurangi rasa sakit ketika kontraksi.

Rutin menggunakan birth ball selama kehamilan juga membantu mengurangi rasa nyeri di bagian punggung. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Moms. Lakukan posisi duduk di atas bola atau seperti berjongkok. Agar lebih terasa nyaman, posisikan kaki terbentang dan topang punggung dengan dinding atau kursi.

Stimulasi Puting Susu


Salah satu cara efektif dan alami melebarkan mulut rahim adalah dengan menstimulasi nipple atau puting susu. Cara ini terbukti membantu melancarkan persalinan karena memicu pelepasan hormon oksitosin sehingga memicu kontraksi rahim.

Stimulasi puting susu bisa Moms lakukan secara manual menggunakan pompa payudara, bisa juga dengan meminta bantuan suami untuk melakukannya. Lakukan stimulasi ini selama lima menit sekali pada masing-masing payudara.

Sambil menstimulasi puting susu, putar musik yang menenangkan dan nyaman. Cara ini juga efektif membantu melancarkan persalinan.

Berhubungan Intim


Berhubungan Intim
source: https://freepik.com/

Cara alami mempercepat pembukaan lainnya yaitu berhubungan intim dengan suami. Berhubungan seks membantu melepaskan oksitosin yang membantu kontraksi rahim. Zat prostalgin yang terkandung dalam air mani juga membantu mempercepat pelebaran serviks. Zat ini juga yang sering digunakan sebagai obat untuk menginduksi persalinan.