Dokter Anak dari Klinik Kecil, dr. Miza Afrizal, BMedSc, SpA, MKes menjelaskan perkembangan massa otak 70-80% terjadi pada 1000 HPK, yang dimulai sejak anak masih dalam kandungan.

Itu sebabnya, masa kritis pertumbuhan seorang anak sangat ditentukan pada masa 1000 HPK, dimana milestone untuk anak harus terbentuk dengan baik pada masa ini. Banyak hal yang menentukan keberhasilan 1000 HPK, mulai dari nutrisi, stimulasi, dan tentunya bonding orang tua dan anak sejak masih dalam kandungan. 

Moms, Ini 3 Aspek Penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan si Kecil

“Tidak hanya bermanfaat untuk tumbuh kembang, bonding yang kuat juga diperlukan bayi untuk membuatnya tenang saat menghadapi lingkungan baru di luar kandungan,” tuturnya dalam Virtual Press Conference Zwitsal 1000 Hari Pertama Si Kecil pada Kamis (17/12/2020).

Dr. Miza Afrizal menyebutkan ada 3 aspek penting dalam 1000 HPK si kecil. Ketiga aspek ini berperan penting mencetak generasi emas dan perlu dicatat Moms dan Dads.

Moms, Ini 3 Aspek Penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan si Kecil
Asuh
Poin pertama ini merupakan kebutuhan biologis anak sejak dalam kandungan. Mulai dari pemenuhan nutrisi sejak kehamilan, ASI Eksklusif, hingga bayi memasuki masa MPASI. Selanjutnya adalah imunisasi serta kebersihan yang harus dijaga orangtua dan lingkungannya.

Asih
Aspek yang kedua adalah kebutuhan kasih sayang. Di 1000 hari pertama kehidupannya anak membutuhkan kasih sayang dari orang tua.

Asah
Aspek ketiga yaitu asah merupakan stimulasi. Pemberian stimulasi yang baik sesuai usia anak. Jangan memaksakan sesuatu yang belum bisa anak lakukan. Apalagi membandingkan si kecil dengan anak lainnya, karena stimulasi tidak bisa disamakan dengan anak lainnya. Stimulasi yang tepat untuk anak di bawah usia 6 bulan adalah orangtuanya. Anak sebaiknya diajak berbicara hingga si kecil hafal wajah kedua orangtuanya.
baca juga

Peran Moms dan Dads juga penting di 1000 hari pertama kehidupan anak. Moms perlu menjaga kesehatan mentalnya agar kualitas bonding antara ibu dan anak optimal. Begitu pula dengan peran ayah yang penting untuk selalu mendukung Moms.

Mendukung pentingnya peran Moms mencetak generasi emas, Zwitsal hadirkan program 1000 Hari Pertama Si Kecil yang dikemas secara online dengan sejumlah ahli di bidangnya dan membahas topic seputar psikoedukasi parenting untuk ibu.

Moms, Ini 3 Aspek Penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan si Kecil

Maulani Affandi selaku Head of Skin Cleansing and Baby Unilever Indonesia mengatakan Zwitsal menggandeng berbagai expert di bidangnya seperti Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (Sekoci), Hallo Bumil, Rumah Dandelion, Klinik Kecil dan MRA Media, untuk mewujudkan komitmen bagi para Ibu di Indonesia mendukung 1.000 HPK.

Program pendampingan ini merupakan edukasi untuk meningkatkan pemahaman Moms tentang tumbuh kembang anak serta kesehatan mental dan psikologis para ibu.

Moms, Ini 3 Aspek Penting dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan si Kecil

Bentuk pendampingan lainnya untuk Moms, Zwitsal menghadirkan tele pediatric consultation dan imunisasi tracker yang dapat diakses melalui aplikasi Hallo Bumil. Aplikasi pertama di Indonesia ini merupakan bentuk pendampingan ibu mulai dari masa persiapan kehamilan, kehamilan hingga tumbuh kembang anak. Moms juga bisa berkonsultasi dengan dokter serta mencatat jadwal imunisasi anak.