Terdapat beberapa teknik persalinan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah selama melahirkan. Jika saat ini Moms sedang hamil, yuk ketahui 7 teknik melahirkan mulai dari normal hingga hypnobirthing!

Persalinan Pervaginam


Persalinan Pervaginam
source: https://haibunda.com/

Persalinan pervaginam adalah melahirkan dengan cara alamiah melalui jalan lahir bayi, dimana bayi akan keluar lewat vagina. Persalinan Pervaginam lebih dikenal dengan ‘melahirkan normal’.

baca juga

Persalinan Caesar


Persalinan Caesar

Persalinan Caesar adalah melahirkan dengan cara menyayat atau membedah perut ibu untuk mengeluarkan janin. Dalam kondisi tertentu, operasi Caesar dijadwalkan sebelumnya. Operasi Caesar juga ditempuh sebagai respon terhadap komplikasi tak terduga selama masa kehamilan.

Vaginal Birth After Cesarean (VBAC)


Vaginal Birth After Cesarean (VBAC)

Sesuai dengan namanya, teknik persalinan ini merupakan prosedur melahirkan melalui cara normal atau mengeluarkan bayi lewat vagina setelah melahirkan caesar di kehamilan sebelumnya. Prosedur ini aman dilakukan selama ibu hamil memenuhi persyaratan dan mendapatkan persetujuan dokter.

Perlu diingat, teknik persalinan VBAC ini dilakukan sesuai dengan kondisi tubuh Moms selama hamil hingga akan melahirkan. Karenanya, perhatikan asupan makanan hingga gaya hidup Moms jika ingin sukses lakukan persalinan VBAC.

baca juga

Forsep


Forsep
source: https://istockphoto.com/

Teknik persalinan ini dilakukan untuk membantu bayi keluar melalui jalan lahir vagina. Forsep merupakan alat bantu melahirkan berbentuk seperti sendok besar atau penjepit yang digunakan untuk mengeluarkan bayi. Alat ini berfungsi menjepit kepala bayi dan menariknya keluar dari jalan lahir. Biasanya, forsep digunakan ketika persalinan normal tak kunjung alami kemajuan atau ibu tidak sanggup lagi mengejan.

Ekstraksi vakum


Ekstraksi vakum
source: https://id.pinterest.com/rosenfeldinjury/

Teknik persalinan ini menggunakan alat bantu persalinan yang disebut dengan Vakum Ekstraktor. Alat bantu melahirkan yang berfungsi menarik bayi keluar dari jalan lahir. Ekstraksi vakum merupakan teknik persalinan untuk membantu ibu melahirkan normal. Umumnya, prosedur ini dilakukan ketika proses melahirkan mengalami hambatan atau ketika proses persalinan berjalan lambat dan ibu mulai kelelahan mengejan.

Water Birth


Water Birth
source: https://br.pinterest.com/parentsmagazine/

Water Birth adalah persalinan yang dilakukan di dalam air. Metode ini disebut sebagai salah satu cara yang dapat mengurangi rasa sakit ketika ibu melahirkan normal. Namun hingga saat ini water birth masih memicu pro dan kontra dengan sejumlah kentungan serta risiko yang mungkin terjadi selama proses persalinan.

Hypnobirthing


Hypnobirthing
source: https://freepik.com/

Melahirkan dengan metode hypnobirthing membuat Moms merasa nyaman dan mengurangi ketakukan akan rasa sakit selama persalinan. Hypnobirthing adalah metode self-hypnosis atau hipnotis diri sendiri untuk membantu Moms merasa siap serta mengurangi rasa takut, cemas atau tegang saat melahirkan. Biasanya, teknik persalinan ini menggunakan musik atau video dengan kata-kata positif untuk memandu Moms agar lebih santai sehingga mampu mengontrol napas selama persalinan.