Melonjaknya kasus positif Covid-i9 membuat Moms harus lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. selain itu, menjalankan pola hidup sehat penting dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Rutin berolahraga serta berjemur di pagi hari demi mendapatkan asupan vitamin D alami dari matahari juga sebaiknya diterapkan agar tubuh tetap fit.

Tak hanya pola hidup sehat Moms, perhatikan pula asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Alih-alih sehat, kesehatan malah bisa menurun jika Moms dan keluarga sembarangan mengonsumsi makanan.

Namun jika saat ini Moms dan keluarga terinfeksi virus corona, sebaiknya hindari terlebih dahulu beberapa makanan yang bisa menghambat masa pemulihan dari Covid-19. Berikut 5 makanan yang perlu dihindari ketika terpapar virus Covid-19 seperti dilansir dari Health Detik:

Makanan Pedas


Makanan Pedas
source: https://freepik.com/

Mengonsumsi makanan pedas sudah jadi kebiasaan banyak orang di Indonesia. Namun sayangnya, makanan pedas ini sebaiknya dihindari dulu ketika Moms sedang dalam masa pemulihan Covid-19. Mengonsumsi makanan pedas malah akan memperparah gejala Covid-19 seperti batuk serta membuat tenggorokan iritasi.

baca juga

Makanan yang Digoreng


Makanan yang Digoreng
source: https://pinterest.com/

Gorengan atau makanan yang diproses dengan cara digoreng tidak disarankan untuk dikonsumsi pasien corona di masa pemulihan. Makanan yang digoreng dapat memicu risiko penyakit jantung, diabetes hingga obesitas. Makanan ini juga tinggi kandungan lemak yang berisiko merusak imunitas tubuh jika dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan Kemasan


Makanan Kemasan
source: https://freepik.com/

Makanan kemasan dapat memicu peradangan yang nantinya akan membuat daya tahan tubuh menurun. Karenanya Moms, sangat penting untuk menghindari makanan kemasan dengan tingkat natrium dan zat aditif tinggi, contohnya keripik kentang.

baca juga

Makanan dan Minuman Tinggi Gula


Makanan dan Minuman Tinggi Gula
source: https://freepik.com/

Berdasarkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi dua hingga enam makanan & minuman manis setiap minggu dapat meningkatkan risiko kematian hingga 6 persen. Gula berlebih dalam tubuh dapat menekan sistem imun akibat terjadinya peradangan. Jika ingin cepat pulih dari Covid-19, sebaiknya hindari dulu makanan dan minuman manis.

Daging Merah


Daging Merah
source: https://freepik.com/

Walaupun daging merah merupakan sumber protein tinggi, sebaiknya batasi dulu mengonsumsi daging merah saat terinfeksi corona. Karena hal ini dapat memperlambat proses pemulihan pasca terpapar Covid-19.

Kandungan lemak jenuh yang tinggi dalam daging merah dapat meningkatkan peradangan. Sebaiknya ganti asupan lemak daging merah dengan lemak nabati seperti minyak zaitun, buah aplukat dan kacang-kacangan.