Memotong dan menyantapnya langsung jadi salah satu cara favorit menikmati buah alpukat. Namun ada kalanya menyantap setengah bagian buah alpukat sudah membuat Moms atau si kecil merasa kenyang.

Eits, jangan dibuang ya Moms sisa potongan buah alpukat! Moms bisa menyimpannya di dalam lemari es. Biar awet dan tak mudah busuk, berikut 4 cara menyimpan buah alpukat yang sudah terbuka seperti dilansir dari Haibunda:

Gunakan Minyak Zaitun


Gunakan Minyak Zaitun
source: https://freepik.com/

Tidak hanya bermanfaat untuk kecantikan atau sebagai pelengkap masakan, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk membuat potongan daging buah alpukat awet dan bertahan lama. Minyak zaitun ternyata mampu mempertahankan kesegaran daging buah alpukat agar tidak cepat busuk, Moms.

Caranya yaitu potong-potong alpukat lalu olesi dengan minyak zaitun. Selanjutnya bungkus dengan plastik dan simpan dalam lemari es. Cara lainnya yaitu dengan menuangkan sedikit minyak zaitun dalam wadah dan letakkan potongan alpukat di atasnya. Biarkan minyak zaitun terserap dalam buah alpukat.

baca juga

Wadah Kedap Udara & Bawang Bombay


Wadah Kedap Udara & Bawang Bombay
source: https://unsplash.com/

Jika Moms sudah membelah buah alpukat tapi tak bisa menghabiskan semuanya, Moms bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara. Tambahkan irisan bawang bombay agar daging buah alpukat dapat bertahan lebih lama. Selanjutnya letakkan wadah berisi potongan alpukat dan bawang bombay dalam lemari es. Cara ini bisa membuat alpukat bertahan selama beberapa hari.

Wadah Kedap Udara & Air


Wadah Kedap Udara & Air
source: https://freepik.com/

Trik menyimpan buah alpukat yang sudah terbuka ini jadi favorit banyak koki. Yaitu dengan menyimpan potongan buah alpukat dalam wadah kedap udara dan tuangkan sedikit air ke dalamnya. Susun potongan alpukat menghadap ke bawah, lalu tutup wadah dan simpan dalam lemari es.

Cara ini membuat daging buah alpukat tetap segar. Tapi sayangnya, trik ini mempunyai kelemahan yaitu membuat daging bagian luar alpukat sedikit berlendir.

baca juga

Olesi Sari Lemon


Olesi Sari Lemon
source: https://unsplash.com/

Cara lainnya menyimpan buah alpukat yang sudah terbuka adalah dengan menggunakan sari lemon. Cara ini dapat membuat daging buah alpukat tetap berwarna hijau kekuningan segar seperti saat pertama kali dibuka. Sari lemon juga menjaga agar daging buah alpukat tak berubah warna menjadi kecoklatan atau membusuk.

Olesi potongan alpukat dengan sari lemon, bisa juga dengan cara memerasnya di atas potongan buah alpukat. Selanjutnya bungkus rapat menggunakan plastik dan simpan di dalam lemari es. Metode ini dapat membuat alpukat bertahan untuk jangka waktu panjang.