Berdasarkan kondisi di atas, Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) akan meluncurkan sebuah dokumen mengenai “Bahaya Terselubung dari Makanan Ultra Proses” dalam rangka Peringatan Hari Gizi Nasional ke-61 pada 25 Januari 2021.

Kenali Bahaya di Balik Makanan Ultra Proses, Apa yang Perlu Dilakukan?
source: https://unsplash.com/

Dokumen ini merupakan terbitan dari Breastfeeding Promotion Network of India (BPNI) yang merupakan mitra kerja AIMI selama ini di International Baby Food Action Network (IBFAN). Peluncuran dokumen ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan risiko dari makanan ultra proses.

Apa Itu Makanan Ultra Proses?


Apa Itu Makanan Ultra Proses?
source: https://freepik.com/

Makanan ultra-proses adalah produk makanan yang dibuat di pabrik dan sebagian besar dijual dalam kemasan, produk siap saji yang bisa langsung dikonsumsi kapan saja dan di mana saja.
Makanan ultra-proses biasanya dipromosikan secara komersil untuk menggantikan konsumsi asli serta memiliki rantai produksi yang prosesnya panjang.

Ciri makanan ultra proses yaitu adanya 5 atau lebih kandungan makanan di dalamnya. Selain itu, mengandung zat yang tidak dijumpai pada bumbu dapur di rumah seperti penstabil, pengawet, kasein, laktosa, dll.

“Kami melihat promosi makanan ultra proses sangatlah masif, tidak hanya di kota besar namun sampai di pelosok pun makanan pabrikan sangat mudah dijumpai dan sering kali menjadi pangan pokok dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dari semua kalangan,” papar Nia Umar S.Sos, MPH, IBCLC, selaku Ketua Umum AIMI.

baca juga

Bahaya Makanan Ultra Proses


Bahaya Makanan Ultra Proses
source: https://unsplash.com/

Terdapat banyak studi yang menunjukkan risiko konsumsi makanan ultra proses meningkatkan:

  • Obesitas
  • Penyakit jantung
  • Kanker
  • Diabetes
  • Depresi

Selain itu, sisa atau limbah dari makanan ultra proses berdampak buruk pada alam. Seperti diketahui, sampah plastik bekas kemasan sulit diurai. Sehingga mengganggu ekosistem dan lingkungan hingga bumi mengalami global warming.

@mommyasia.id

Mulai hindari hal-hal ini yuk #moms! #sakit #anakkecil #sayanganak #mamamuda #mamasayang #sikecil #buahhati #fypind #bocah #anakkecil #bonding #ibu

♬ Get On It - Clutch
baca juga

Apa yang Bisa Dilakukan?


Apa yang Bisa Dilakukan?
source: https://freepik.com/

Untuk mengurangi risiko dan dampak buruk makanan ultra proses, AIMI merekomendasikan:

Identifikasi Makanan
Kenali makanan yang akan dikonsumsi, apakah termasuk dalam makanan ultra proses atau tidak. Serta sebisa mungkin tidak membeli dan hindari pengonsumsiannya.

Berhati-hati Pada Promosi
Jangan mudah tergoda dengan promosi, iklan, pemasaran dari industry. Serta jangan mudah terperdaya dari jargon yang dikeluarkan produk tertentu dalam pemasaran makanan ultra proses.

Sumber Terpercaya
Cari informasi dari sumber terpercaya yang secara tegas tidak memiliki kaitan atau konflik kepentingan dengan industri. Jika ada pihak yang menyatakan makanan pabrikan lebih baik dari makanan rumah, sebaiknya telaah lebih dalam dan cari faktanya.

Kampanyekan Pola Makan Baik
Mengadopsi makanan rumahan yang diolah sendiri. Cobalah untuk mengampanyekan pola makan seimbang dan baik untuk masyarakat.

Mengatur Pemasarannya
Pemerintah perlu mengatur pemasaran produk makanan ultra proses agar tidak merugikan kesehatan rakyatnya hingga efek samping lainnya seperti pencemaran lingkungan dan lain-lain.