Hash Brown merupakan penyajian kentang goreng yang telah dicetak setelah dipotong dan dicincang. Biasanya, hash brown jadi menu sarapan di Amerika Utara dan Inggris. Di beberapa bagian Amerika Serikat, hash brown merujuk pada kentang goreng kukus atau cincang dan dianggap sebagai menu sarapan.

Kentang yang dicincang atau dicetak dan digoreng juga merupakan hidangan sampingan yang disebut kentang goreng desa atau kentang goreng rumahan.

Resep Hash Brown ala Restoran Cepat Saji, Garing di Luar Lembut di Dalam
source: https://unsplash.com/

Oleh karena itu, hash brown hanya disajikan sebagai menu pelengkap sarapan atau breakfast di restoran cepat saji ternama. Walau hanya sebagai menu pelengkap sarapan, hash brown jadi favorit khususnya anak-anak karena rasanya yang gurih dengan tekstur lembut di dalam garing di luar.

@mommyasia.id

Kalau #moms biasanya #makan apa nih biar #asi lancar? #ibubaru #newmom #ibu #mamacantik #bayi #sikecil #bayikecil #buahhati #bunda #bundakece #fypind

♬ It's Tricky - RUN DMC
baca juga

Sayangnya, harga yang relatif mahal membuat Moms harus berpikir dua kali ya untuk sering-sering membelinya. Apalagi jika makanan ini jadi favorit anak yang tak cukup menyantapnya hanya satu dalam sekali makan. Nah, moms bisa nih membuat sendiri hash brown di rumah dengan bahan-bahan sederhana dan mudah didapat.

Untuk membuat hash brown, Moms hanya membutuhkan kentang sebagai bahan utamanya. Ditambahkan bread crumbs atau tepung roti, garam dan lada secukupnya. Untuk rasa yang lebih kaya, Moms bisa menambahkan bawang putih bubuk atau cincang dan kaldu jamur.

Membuat sendiri di rumah tentu lebuh murah dan menghemat pengeluaran kan, Moms. Si kecil juga bisa menyantapnya kapan pun ia mau. Berikut resep dan cara membuat hash brown ala restoran cepat saji yang gurih dan renyah.

Resep Hash Brown ala McD


Resep Hash Brown ala McD
source: https://unsplash.com/

Bahan-bahan:

  • 3 buah kentang ukuran sedang
  • 5 sdm tepung roti/tepung panir
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Lada bubuk
Cara Membuat
  1. Kentang dikukus setengah matang, jangan sampai terlalu empuk. Angkat lalu kupas dan parut besar
  2. Campurkan parutan kentang dengan garam, merica, dan tepung roti atau tepung panir
  3. Campur adonan menggunakan tangan dengan memakai sarung plastik. Aduk hingga rata.
  4. Cetak adonan menggunakan cetakan, bisa juga menggunakan tangan dan dicetak pipih. Jangan terlalu tebal dan jangan terlalu tipis. Tekan-tekan adonan agar lebih padat dan adonan tidak pecah ketika digoreng.
  5. Goreng di api sedang dengan minyak setinggi setengah tebal adonan. Sebaiknya Moms menggunakan teflon.
  6. Goreng hingga berwarna kuning keemasan dan permukaannya garing.
  7. Sajikan selagi hangat