Memompa ASI demi si kecil tentu membutuhkan perjuangan dan enaga ekstra ya, Moms. Setetes saja ASI yang terbuang pasti membuat Moms merasa sedih. Tidak hanya memompanya saja yang membutuhkan perjuangan, menyimpan ASI juga diperlukan cara yang tepat aga ASI tetap segar saat dikonsumsi bayi.

Seringkali, ditemukan banyak kendala terkait penyimpanan ASI Perah (ASIP). Alih-alih memberikan ASIP berkualitas, pemberikan ASIP yang sudah basi malah akan membuat si kecil alami masalah kesehatan.

ASIP yang disimpan di dalam lemari es juga bisa menjadi basi jika penyimpanannya tidak benar. ASIP yang didinginkan atau dibekukan sebaiknya tidak lebih dari 8 hari. Sedangkan jika diletakkan dalam keadaan terbuka di suhu ruangan sebaiknya tidak lebih dari 4-6 jam.

Agar tidak salah memberikan ASIP berkualitas, berikut 5 ciri ASI basi seperti dilansir dari Haibunda:

Bau Busuk


Bau Busuk
source: https://www.haibunda.com/

ASI yang sudah basi umumnya akan beraroma atau berbau mirip dengan susu sapi busuk. Cobalah Moms mencium aroma ASI yang akan diberikan pada bayi, jika tercium bau busuk maka ASI tersebut sudah basi. Menurut Breastfeeding Today, aroma seperti bau logam atau sabun dari ASI disebabkan oleh tingkat enzim Lipase yang diproduksi ibu lebih tinggi.
 

baca juga
@mommyasia.id

Mulai dihindari yuk Moms ! #susu #kental #manis #anak #parenting #ibu #parentinganak #parentingindonesia #orangtua #ortu #fypind #fypindo #fyp #minum

♬ FENDI - RAKHIM

Rasa Asam


Rasa Asam
source: https://freepik.com/

Selain aromanya yang busuk, ciri lain ASI yang sudah basi adalah rasanya yang lebih asam. Jika Moms mendapati rasa asam saat mencicipinya, ini jadi tanda ASI basi dan tidak bisa diberikan pada bayi. Jangan sampai memberikan ASI dengan rasa asam ini pada bayi ya, Moms.

baca juga

Tidak Menyatu Saat Diaduk


Tidak Menyatu Saat Diaduk
source: https://freepik.com/

Biasanya ASI akan terpisah menjadi dua lapisan yaitu lapisan lemak dan tidak berlemak ketika disimpan. ASI yang masih segar akan kembali mengental saat dikocok secara perlahan. Jika Moms menemukan gumpalan yang tidak bercampur saat mengaduknya, hal ini menandakan ASI sudah tak segar dan basi.

Tidak Tertutup Rapat


Tidak Tertutup Rapat

ASI akan lebih cepat basi saat Moms tidak menutup kemasan ASIP atau tak tersegel dengan benar. Kantong ASI yang sobek juga dapat membuat ASIP lebih mudah basi. Oleh karena itu, Moms, sebaiknya simpan ASI dalam wadah khusus ASIP dengan kemungkinan rusak sangat minim.

Lebih dari Tiga Hari di Lemari Es


Lebih dari Tiga Hari di Lemari Es

Umumnya ASI akan tetap segar saat disimpan dalam lemari es selama 3 hingga 5 hari. Tingkat kesegarannya tergantung pada suhu dan tempat menyimpan ASI. Simpan ASI pada bagian dalam freezer, bukan pada pintu yang suhunya dapat berfluktuasi.