Buah dengan Rasa Asam


Buah dengan Rasa Asam
source: https://www.freepik.com/

Buah dengan rasa asam tinggi vitamin C. Seperti diketahui Moms, vitamin C bermanfaat untuk mengendalikan dan mengurangi stress baik fisik maupun mental. Vitamin C juga dapat mencegah kenaikan hormon kortisol. Hormon ini akan dilepas saat Moms merasa cemas dan stres. Sehingga vitamin C dapat mencegah stress berkepanjangan yang bisa memicu gangguan kesehatan.

Karbohidrat Kompleks


Karbohidrat Kompleks
source: https://freepik.com/

Karbohidrat diketahui dapat meningkatkan serotonin pada otak. Seperti diketahui, serotonin bisa memicu hormone kesenangan. Karbohidrat kompleks juga memastikan energi masuk ke aliran darah dengan baik serta mencegah munculnya bad mood alias perasaan buruk.

Moms bisa mendapatkan karbohidrat kompleks pada biji-bijian. Seperti oat, quinoa, gandum utuh, dan bahan makanan lainnya.

baca juga

Omega-3


Omega-3

Seperti dilansir dari Food Detik, asam lemak omega-3 memiliki kemampuan mengatasi stres oksidatif. Omega-3 dikaitkan dengan pengendalian kecemasan dengan cara meningkatkan fungsi otak. Moms bisa mendapatkan asam lemak omega-3 pada kacang walnut, biji flax dan ikan salmon. Perlu diingat Moms, jangan berlebihan mengonsumsi makanan tinggi omega-3 ini. Konsumsilah dalam porsi secukupnya.

Zinc


Zinc
source: https://freepik.com/

Zinc merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh dan berhubungan dengan kesehatan saraf. Zinc juga membantu tubuh berdamai dengan rasa cemas hingga sres. Tubuh akan lebih sehat saat berada dalam kondisi yang lebih tenang. Makanan kaya zinc dapat Moms temukan pada daging sapi, telur, susu, keju dan kentang.

baca juga

Magnesium


Magnesium
source: https://freepik.com/

Magnesium merupakan mineral yang bermanfaat untuk mengurangi fungsi otak dalam memperburuk kecemasan. Salah satu bahan makanan tinggi magnesium adalah sayuran berdaun hijau yang dapat meredakan kecemasan dengan cepat.

Mengonsumsi bayam bisa jadi pilihan Moms untuk mendapatkan ketenangan dan mengurangi stres. Tak hanya itu, magnesium juga berfungsi memperbaiki inflamasi yang timbul akibat efek samping dari kecemasan.

Coklat dan Kopi


Coklat dan Kopi
source: https://freepik.com/

Coklat dan kopi bermanfaat memberikan energi pada tubuh serta memberikan ketenangan. Biji kopi mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Kopi juga membangkitkan semangat yang lebih positif untuk mengatasi kecemasan.

Pada kakao atau coklat hitam dengan kandungan 70 persen flavonoid membantu melancarkan aliran darah yang selanjutnya mengoptimalkan kinerja jantung dan fungsi otak.

Teh


Teh
source: https://freepik.com/

Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun teh, terutama teh hijau membantu menenangkan saraf. Teh chamomile biasanya digunakan untuk menimbulkan rasa nyaman dan membantu tidur lebih berkualitas. Moms juga bisa mendapatkan efek serupa dari teh akar valerie dan passionflower.