Air kelapa membantu ibu hamil tetap terhidrasi dan berenegi. Kandungan nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, kalim, natrium, klorida, fosfor dan magnesium pada air kelapa juga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sama halnya pada ibu hamil, air kelapa juga miliki banyak manfaat untuk ibu menyusui dan bayi. Rutin meminum air kelapa dipercaya ampuh melancarkan ASI (air susu ibu) serta meningkatkan imunitas. Air kelapa yang diminum busui juga sangat baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak, tulang dan gigi anak. Berikut 6 manfaat air kelapa untuk ibu menyusui dan bayi:

Menghidrasi Tubuh


Menghidrasi Tubuh
source: https://freepik.com/

Ibu menyusui lebih mudah dehidrasi dan kekurangan cairan dalam tubuh. Karenanya, sangat penting bagi busui untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik. Air kelapa mampu menjaga tubuh Moms agar tetap terhidrasi. Air kelapa juga dapat meningkatkan sekresi ASI dengan memberi tubuh nutrisi-nutrisi penting seperti kalium, natrium, dan gula alami.

baca juga

Melancarkan ASI


Melancarkan ASI
source: https://freepik.com/

Moms yang sedang berjuang meningkatkan produksi ASI untuk si kecil, jangan lupa rutin mengonsumsi air kelapa ya. Air kelapa bisa jadi pelancar ASI alami. Selain menghidrasi tubuh, air kelapa dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI dengan cara memenuhi nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti potassium, natrium dan gula alami.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
source: https://freepik.com/

Manfaat selanjutnya dari air kelapa untuk ibu menyusui adalah meningkatkan kekebalan tubuh. Air kelapa mengandung elektrolit dan asam amino esensial yang berfungsi sebagai antioksidan sehingga bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh. Asam laurat yang terdapat dalam ASI juga bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh bayi serta menghindarkannya dari risiko infeksi.

baca juga

Baik untuk Pencernaan


Baik untuk Pencernaan
source: https://freepik.com/

Ibu hamil dan menyusui rawan terserang sembelit. Masalah yang satu ini kerap menyerang dan memperburuk kesehatan pencernaan ya, Moms. meminum air kelapa membantu mengatasi gangguan pencernaan dan meningkatkan kesehatan.

Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi


Baik untuk Kesehatan Tulang dan Gigi
source: https://unsplash.com/

Kandungan kalsium dalam air kelapa baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi penting yang terkandung dalam air kelapa juga bermanfaat mengoptimalkan perkembangan otak dan tulang si kecil lho, Moms.

Meredakan stres


Meredakan stres
source: https://freepik.com/

Air kelapa mengandung asam amino tinggi yang membantu tubuh menanggapi stres, terutama pada ibu yang baru melahirkan. Asam amino berfungsi memperbaiki jaringan tubuh dan membangun blok protein. Sehingga tubuh Moms lebih tanggap merespon stres.