Mengolah dan memasak kulit ayam favorit keluarga gampang-gampang susah ya, Moms. Jika salah mengolahnya, kulit ayam malah lembek dan tidak kriuk, serta memiliki rasa apek dan berminyak. Biar nggak salah langkah, berikut tips memasak kulit ayam gurih dan krispi tahan lama.

Pisahkan Kulit dari Lemak


Pisahkan Kulit dari Lemak
source: https://www.haibunda.com/

Seperti dilansir dari Haibunda, lemak pada kulit ayam bisa memperlambat proses penggorengan. Sehingga susah untuk mendapatkan tekstur kriuk yang garing dan renyah. Membuang lemak juga bertujuan untuk menghilangkan bau tengik pada kulit ayam. Jadi Moms, sebaiknya pisahkan kulit ayam dengan lemaknya. Buang semua lemak yang menempel pada kulit ayam, lalu cuci bersih.

baca juga

Rendam dengan Air Kapur Sirih


Rendam dengan Air Kapur Sirih
source: https://pinterest.com/

Langkah selanjutnya adalah merendam kulit ayam dengan larutan kapur sirih selama satu jam. Caranya, larutkan kapur sirih di air, tunggu hingga muncul endapan di permukaan air. Gunakan air di bawah endapan atau air kapur sirih untuk merendam kulit ayam. Bilas dengan air bersih setelah direndam selama satu jam.

Lumuri dengan Air Jeruk Nipis, Jahe Parut dan Garam


Bisa juga melumuri kulit ayam yang telah dicuci bersih dengan air jeruk nipis. Tambahkan jahe parut dan garam juga, Moms. Diamkan selama 30-40 menit, lalu bilas di air mengalir.

baca juga

Bumbui Kulit Ayam


Bumbui Kulit Ayam
source: https://pinterest.com/

Selanjutnya, bumbui kulit ayam untuk mendapatkan rasa gurih yang diinginkan. Moms bisa menambahkan bumbu penyedap seperti lada, garam dan bubuk bawang putih, taburkan sedikit demi sedikit.

Celupkan kulit ayam ke dalam putih telur yang telah dikocok. Lakukan hingga seluruh kulit ayam terlapisi putih telur. Selanjutnya masukkan kulit ayam ke dalam campuran tepung terigu dan tepung beras. Tambahan tepung beras ini bertujuan membuat kulit ayam lebih krispi dan tahan lama.

Goreng dalam Minyak Banyak


Goreng dalam Minyak Banyak
source: https://pinterest.com/

Langkah terakhir untuk mendapatkan kulit ayam gurih dan krispi adalah menggorengnya di dalam minyak goreng yang banyak atau dikenal dengan metode deep frying. Kulit ayam digoreng dalam banyak minyak hingga semua bagiannya terendam.

Perlu diingat Moms, gunakan minyak goreng baru dan berkualitas. Serta gunakan api sedang agar kulit ayam tidak cepat gosong ketika digoreng dan mendapatkan tingkat kematangan yang sempurna.