Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayur adalah sumber vitamin alami yang sangat baik untuk tubuh. Zat besi, antioksidan serta berbagai nutrisi lainnya dapat membantu ibu agar tidak mudah sakit dan lebih sehat, dan akan mempengaruhi kualitas  air susu ibu juga.

source: https://www.babycenter.com/0_diet-for-a-healthy-breastfeeding-mom_3565.bc


 

baca juga

Berolahraga

Dengan melakukan olahraga, tubuh akan lebih segar dan fit kembali. Tak hanya itu, hormon oksitoksin pun akan dihasilkan jika ibu menyusui dengan pikiran yang rileks dan bahagia dan menstimulasi produksi ASI lebih banyak.
 

source: http://www.areabumil.com/2016/06/olahraga-untuk-ibu-hamil-muda.html


 

Konsumsi Makanan Bergizi yang Cukup

Karbohidrat yang dibutuhkan ibu menyusui rata-rata 2500-3000 kalori perhari. Karena itu, perbanyaklah konsumsi makanan yang menambah energi dan juga gizi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas ASI. Semakin bergizi makanan ibu, semakin berkualitas ASI yang dihasilkan.

source: https://id.pinterest.com/explore/le-chou-fleur-indien-915217044262/


 

baca juga

Konsumsi Ikan

Kandungan Omega 3 yang terdapat pada daging ikan sangat baik untuk membantu perkembangan otak bayi. Jadi jangan takut untuk makan ikan karena manfaatnya sangat baik untuk si buah hati ya!

source: https://es.pinterest.com/pin/470133648585112236/


 

Konsumsi Susu

Jarang minum susu? Eits! Ternyata susu yang diminum ibu mengandung kalsium yang baik pula untuk tulang bayi lho. Oleh karena itu, konsumsilah susu secara rutin agar tulang bayimu juga mendapat asupan kalsium ya!

source: https://www.acefitness.org/certifiednewsarticle/2466/seven-nutrition-strategies-for-boosting-your/


 

Mengkonsumsi Daun Katuk

Daun katuk memiliki kandungan laktagagum yang terkenal bermanfaat untuk mengingkatkan jumlah ASI yang diproduksi tubuh. Daun katuk bisa diolah menjadi sayur bening atau juga direbus dan diminum air rebusannya saja. Simpel kok!

source: http://9manfaatdaun.blogspot.com/2015/04/ternyata-manfaat-daun-katuk-tak-hanya.html

Semoga cara-cara meningkatkan kualitas air susu ibu ini berhasil ya, ladies!