Menurunnya gairah seksual jadi salah satu kendala menjaga hubungan Moms dan Dads tetap harmonis. Vagina yang kering akibat perubahan hormon hingga menyebabkan rasa sakit ketika berhubungan intim jadi alasan Moms enggan berhubungan seks. Tapi ternyata, berhubungan seks juga bisa meningkatkan produksi ASI lho, Moms.

Kok bisa? Pada beberapa Moms, Produksi ASI malah meningkat setelah berhubungan seks. Hal ini disebabkan karena terjadinya peningkatan hormone oksitosin atau biasa disebut hormon cinta ketika berhubungan seks. Namun perlu diingat, meningkatnya produksi ASI ini bergantung pada seberapa menikmatinya Moms saat beraktivitas seksual dengan pasangan.

Nah, untuk menambah gairah seksual ibu menyusui, coba 5 cara ini Moms biar hubungan dengan Dads makin intim dan mesra.

Komunikasi Adalah Kunci


Komunikasi Adalah Kunci
source: https://freepik.com/

Ingat Moms, selalu komunikasikan dengan pasangan terkait seks. Hormon prolaktin yang meningkat saat menyusui menyebabkan vagina kering. Hal ini berdampak pada timbulnya rasa sakit ketika berhubungan seksual. Coba bicarakan terlebih dahulu dengan pasangan untuk meminimalisir rasa sakit. Seperti menambah waktu foreplay agar hubungan seksual Moms dan Dads lebih berkualitas.

baca juga

Atur Jadwal Berhubungan Seks


Atur Jadwal Berhubungan Seks
source: https://freepik.com/

Banyaknya kegiatan baru pasca melahirkan membuat Moms tak memiliki waktu untuk berhubungan intim dengan pasangan. Contohnya seperti jadwal tidur dan menyusu ketika bayi baru lahir yang belum menentu. Untuk menyiasatinya, Moms bisa menitipkan si kecil pada orangtua sebentar atau melakukannya saat bayi tidur.

Coba Tantangan Baru


Coba Tantangan Baru
source: https://freepik.com/

Tak ada salahnya mencoba tantangan baru ketika berhubungan seks dengan pasangan. Mencoba hal baru seperti memperlama waktu bercinta hingga mencoba gaya dan posisi seks yang baru bisa meningkatkan gairah seksual lho, Moms.

baca juga

Gunakan Pelumas


Gunakan Pelumas
source: https://freepik.com/

Cara lain mengurangi rasa sakit ketika berhubungan seks dengan pasangan untuk busui adalah dengan menggunakan pelumas. Mintalah Dads untuk menggunakan pelicin atau pelumas agar tak terasa menyakitkan saat gairah seks Moms dan Dads sedang berada di puncaknya.

Rawat Diri dan Hindari Stres


Rawat Diri dan Hindari Stres
source: https://freepik.com/

Last but not least, tetaplah merawat diri sendiri saat menyusui. Lakukan perawatan sederhana di rumah untuk membuat Moms tetap rileks dan tidak mudah stres. Tidak hanya menurunkan gairah seks, stres juga berdampak pada menurunnya produksi ASI.