Melancarkan Pencernaan


Melancarkan Pencernaan
source: https://mommyasia.id/

Bayi rentan mengalami sembelit setelah memasuki usia 6 bulan, dimana si kecil sudah mulai dikenalkan pada makanan pendamping ASI atau MPASI. Untuk mencegah sembelit pada bayi, Moms bisa memberikan makanan kaya serat. Salah satunya adalah labu siam.

Kandungan serat yang tinggi pada labu siam membantu melancarkan pencernaan bayi. Jika dikonsumsi secara rutin, labu siam juga membantu menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Labu siam juga bisa menjadi obat alami mengatasi sembelit pada bayi.

Optimalkan Perkembangan Otak dan Saraf Bayi


Optimalkan Perkembangan Otak dan Saraf Bayi
source: https://pinterest.com/

Labu siam mengandung vitamin B komples dan asam folat yang sangat dibutuhkan si kecil. Kedua nutrisi ini membantu optimalkan perkembangan otak serta sel saraf bayi. Asam folat membantu kinerja otak bayi serta menyempurnakan susunan sistem saraf bayi.

baca juga

Menjaga Sistem Imun Bayi


Sistem imun yang baik membantu si kecil terhindari dari bakteri dan virus penyebab penyakit. Menambahkan labu siam ke dalam menu MPASI bayi dapat membantu menjaga imunitas bayi agar tetap kuat. Labu siam mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk daya tahan tubuh si kecil.

Mengurangi Risiko Obesitas


Mengurangi Risiko Obesitas
source: https://freepik.com/

Bayi bertubuh gemuk terlihat sangat menggemaskan. Namun di balik tubuh gempalnya, bayi rentan mengalami obesitas lho, Moms. Obesitas pada bayi ini meningkatkan risiko penyakit jantung dan menyebabkan kerusakan insulin.

Kandungan kalium dalam labu siam membantu membunuh lemak jahat dalam tubuh. Kandungan seratnya juga membuat bayi kenyang lebih lama. Mengonsumsi labu siam secara rutin membantu mengeluarkan racun dalam tubuh si kecil.

baca juga

Sumber Energi untuk Bayi


Sumber Energi untuk Bayi

Bayi yang aktif bergerak membutuhkan energi lebih banyak. Salah satu sumber energi yang dibutuhkan si kecil adalah karbohidrat. Nah, Moms, labu siam mengandung karbohidrat tinggi yang dibutuhkan untuk bayi.

Bayi yang tercukupi energinya memiliki stamina yang baik sepanjang hari. Hal ini juga membantu menjaga daya tahan tubuh bayi agar tidak mudah sakit.

Cara Mengolah Labu Siam untuk MPASI


Cara Mengolah Labu Siam untuk MPASI
source: https://pinterest.com/

Sebelum diolah untuk MPASI, cuci bersih labu siam di air mengalir. Potong labu siam menjadi 2 bagian, lalu gosokkan kedua potongan labu siam hingga keluar getah putih. Cuci kembali labu siam hingga bersih, dan siap diolah.

Moms bisa membuat puree labu siam untuk bayi usia 6 bulan. Untuk bayi dengan usia lebih besar atau memasuki usia 8 bulan ke atas, Moms bisa menambahkan potongan-potongan kecil labu siam ke dalam menu MPASI si kecil.

Labu siam ukuran kecil juga bisa menjadi finger food bergizi untuk si kecil lho, Moms. Cukup rebus atau kukus labu siam yang sudah dipotong-potong selama 15-20 menit dengan api sedang, atau tunggu hingga labu siam empuk.