Selain makanan yang sehat, Moms juga memerlukan asupan vitamin untuk menambah nutrisi dan produksi ASI. Karena pada kenyataannya Moms, nutrisi yang dibutuhkan ibu menyusui lebih tinggi dari masa kehamilan. Agar kualitas dan kuantitas ASI meningkat, berikut rekomendasi 7 vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui seperti dilansir dari Haibunda.

Vitamin C


Vitamin C
source: https://freepik.com/

Vitamin C menjadi antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh. Moms bisa menemukan vitamin C pada sayur dan buah-buahan. Vitamin C juga membantu meningkatkan produksi ASI serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Terdapat peningkatan vitamin dalam ASI yang menyebabkan produksinya meningkat saat Moms mengonsumsi vitamin C. Terlebih, saat vitamin C dan E bekerjasama, dua vitamin ini bisa meningkatkan kadar antioksidan dan memberi efek positif pada ASI.

baca juga

Vitamin D


Vitamin D
source: https://freepik.com/

Vitamin D sangat baik untuk perkembangan dan memperkuat tulang. Vitamin D membantu tubuh melawan infeksi eksternal dan mencegah pemicu autoimunitas pada penyakit tertentu. Meski vitamin D terdapat pada ASI, Moms masih membutuhkan asupan vitamin D dari suplemen atau makanan tambahan. Seperti telur, keju, susu kedelai dan jus jeruk.

Vitamin E


Vitamin E
source: https://freepik.com/

Vitamin E dibutuhkan tubuh untuk membentuk sel darah merah serta mencegah anemia pada ibu dan bayi. Vitamin E juga dibutuhkan bayi yang masih menyusui. Vitamin ini menjaga kesehatan otot dan tingkatkan imunitas tubuh melawan infeksi.

Bayi yang kekurangan vitamin E bisa mengalami kelemahan dan kemunduran perkembangan otot. Jika si kecil terlihat lemah dan tumbuh kembangnya terlambat, mungkin Moms membutuhkan tambahan vitamin E.

baca juga

Vitamin B12


Vitamin B12
source: https://freepik.com/

Ibu menyusui yang sedang menjalani diet vegetarian biasanya membutuhkan asupan vitamin B12. Hal ini dikarenakan pola makan tanpa menyertakan produk hewani dan makrobiotik dapat menyebabkan Moms kekurangan vitamin B12. Nah Moms, kekurangan vitamin B12 bisa memengaruhi kualitas ASI. Vitamin B12 alami bisa Moms temukan pada daging, telur, dan ikan.

Vitamin K


Vitamin K
source: https://freepik.com/

Vitamin K bermanfaat mendukung sirkulasi darah dalam tubuh. Vitamin K membantu pembekuan darah serta pemulihan luka. Selain itu, vitamin K juga meningkatkan kesehatan dan kepadatan tulang. Moms bisa menemukan vitamin K dalam sayur-sayuran, seperti bayam, brokoli, kembang kol, sawi, selada, lobak, dan kedelai.

Zat Besi


Zat Besi
source: https://freepik.com/

Moms yang mengalami anemia selama masa kehamilan dapat menyebabkan kekurangan zat besi pasca melahirkan. Gejala kekurangan zat besi pada ibu pasca melahirkan yaitu sesak napas, lelah, dan lemas. Moms bisa mendapatkan asupan zat besi dari suplemen yang dianjurkan dokter obgyn. Kandungan zat besi alami juga bisa Moms temukan di kerang dan daging merah.

Kolin


Kolin
source: https://freepik.com/

Kolin merupakan senyawa kimia organic mirip dengan vitamin B yang bermanfaat untuk perkembangan memori pada bayi. Makronutrien ini juga dapat menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan usus. Kolin bisa Moms temukan dalam telur, daging, ikan, dan berbagai produk susu.