Kandungan vitamin dan mineral serta antioksidan pada bayam bermanfaat untuk ibu hamil dan menyusui. Biar nggak bosan dan itu-itu saja, berikut ide kreatif mengolah bayam menjadi masakan yang lezat seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Bayam Rebus atau Kukus


Bayam Rebus atau Kukus

Cara memasak bayam yang satu ini terbilang praktis dan lebih sehat. Tak membutuhkan waktu lama, Moms cukup merebus atau mengukus bayam sekitar 3-5 menit. Moms bisa menyajikan bayam kukus atau rebus bersama dengan sayuran rebus lainnya seperti wortel, buncis, atau kentang.

Hmmm… sudah terbayangkan pastinya bayam rebus atau kukus hendak dibuat apa? Yup! Moms bisa menyajikannya seperti lotek, gado-gao, atau pecel sayur. Bisa juga dengan menambahkan bumbu urap untuk rasa yang lebih nikmat.

baca juga

Saute Bayam


Saute Bayam
source: https://pinterest.com/

Teknik memasak ini menghasilkan masakan dalam waktu cepat. Metode ini hampir sama dengan tumis tapi lebih kering dan menggunakan sedikit minyak serta panas tinggi. Moms bisa memasak saute bayam dengan bawang putih, minyak zaitun dan sedikit perasan lemon. Tambahkan juga daun bawang atau seledri untuk emnambah rasa dan aroma. Moms bisa menambahkan protein seperti bacon atau fillet dada ayam yang telah dipanggang untuk menambah nutrisinya.

Omelet Bayam


Omelet Bayam
source: https://pinterest.com/

Bayam juga cocok disandingkan dengan telur ya, Moms. Omelet bayam bisa jadi pilihan menu sarapan sehat untuk keluarga. Agar semakin segar dan lezat, tambahkan potongan tomat ceri dan cabai. Jangan lupa juga tambahkan lada dan garam secukupnya. Omelet bayam nikmat disantap bersama dengan roti gandum atau semangkuk oatmeal.

baca juga

Creamed Spinach


Creamed Spinach
source: https://freepik.com/

Ide kreatif lainnya memasak bayam adalah mengolahnya menjadi creamed spinach atau bayam krim. Bahan dan cara membuatnya juga cukup mudah kok, Moms. Seperti bawang putih, bawang bombay, garam, lada, pala, butter, dan whipping cream.

Cara membuat creamed spinach yaitu rebus bayam dan tiriskan. Buat campuran krim, tumis bawang bombay dan bawang putih. Masukkan semua bumbu dan whipping cream, masak hingga mengental. Selanjutnya masukkan bayam dan aduk sambil cek rasa. Tambahkan lada atau garam bila diperlukan.

Pasta dan Bayam


Pasta dan Bayam
source: https://pinterest.com/

Bayam juga cocok lho, Moms dipadukan dengan pasta. Seperti olahan aglio olio dengan bawang putih dan minyak zaitun. Ketika pasta sudah bercampur rata, masukkan bayam dan tumis hingga sedikit layu. Bisa juga menjadikan bayam sebagai topping pasta.