Kejadian memilukan yang terjadi di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat ini sempat viral di media sosial. Pengguna aplikasi Tiktok @rina_liestari membagikan kisah bayi baru lahir yang dilumuri merica. Dalam video singkat, ia menceritakan kejadian sang ibu yang diminta untuk membaluri bayinya serta alasan yang cukup mengejutkan. Diketahui, video tersebut diambil dari akun seorang bidan yaitu Bidan Indi.

Sang ibu membaluri bayinya dengan ramuan merica, ketumbar dan sebie tandan atau cabe jawa. Alasannya mengejutkan Moms yaitu karena kepercayaan setempat yang percaya pada mitos membaluri bayi baru lahir dengan ramuan tersebut dapat melindunginya dari gangguan makhluk halus.

Percaya Mitos, Ibu Baluri Bayi Baru Lahir dengan Merica dan Ketumbar

“Kejadian tadi di puskesmas Penunjak Lombok Tengah. Bayi asalnya dari Sukarare, dibaluri merica, ketumbar, sebie tandan supaya terlindungi dari jin dan syetan. Ini sih orang yang nyuruh pakai merica yang kesetanan,” tulis akun Bidan Indi.

Ia pun menyesali kejadian tersebut dan mengungkap pentingnya edukasi seputar mitos dan kepercayaan pada wanita dan ibu hamil.

“Inilah salah satu alasan saya memberikan edukasi dan ingin menghapuskan segala mitos-mitos. Selalu saja ibu dan bayi yang jadi korban,” tulis Bidan Indi lagi.

Dampak dari kejadian ini memilukan dan membuat hati terasa teriris, Moms. Terlihat foto sang bayi yang hampir mengalami iritasi bahkan seperti mengalami luka bakar hampir di seluruh tubuh dan wajahnya. Meski sang bayi tertidur pulas, tentu akan terasa menyakitkan dengan luka di sekujur tubuhnya.

Video ini menuai reaksi dari warganet dan dikomentari oleh lebih dari 400 pengguna Tiktok. Seorang warganet mengoreksi mitos yang dipercayai dan cara yang seharusnya dilakukan.

Percaya Mitos, Ibu Baluri Bayi Baru Lahir dengan Merica dan Ketumbar

“Bukan dilumuri, tp disimpen aja, di bawah bantalnya. Duhhh ada ada ajah, boleh ikut kepercayaan, tp pake akal pikiran juga,” tulis akun Dewi_rahma.

“Salah tanggap mungkin dianya. Maksudnya org dulu pake gituan di taroh samping eh malah di balurin gitu,” tulis pengguna lainnya.

“Mungkin gtu tapi yg gua bingung slm diolesin ke muka bayinya dia gk mikir “waduh klo ku olesin kan panas dia juga baru lahir,” jawab pengguna lainnya.