Tidur lebih awal yaitu sekitar pukul 10 malam memiliki banyak manfaat positif untuk tubuh dan pikiran. Tidur nyenyak dan berkualitas juga dapat meningkatkan kualitas hidup serta terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Menjaga Berat Badan


Menjaga Berat Badan
source: https://freepik.com/

Tahukah Moms, tidur tepat waktu berpengaruh pada berat badan yang terkontrol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering begadang memiliki berat badan lebih tinggi. Hal ini disebabkan oleh hormon ghrelin yang meningkat saat tidur larut. Hormon ini merupakan hormon yang memicu rasa lapar. Sedangkan di malam hari, metabolisme tubuh melambat yang berakibat pada menumpuknya makanan menjadi lemak.

baca juga

Menurunkan Tingkat Stres


Menurunkan Tingkat Stres
source: https://freepik.com/

Kurangnya waktu tidur membuat hormon kortisol meningkat dalam tubuh. Hormon ini menimbulkan rasa cemas berlebih sehingga berpengaruh pada kesehatan. Jika tidur lebih awal sebelum jam 10 malam, Moms bisa mendapatkan periode tidur nyenyak lebih lama yang dapat mengontrol kortisol dalam tubuh.

Menurunkan Risiko Terserang Penyakit


Menurunkan Risiko Terserang Penyakit
source: https://freepik.com/

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih awal memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidur larut. Kurang tidur meningkatkan risiko penyakit diabetes tipe 2, jantung, kanker dan hipertensi.

Memiliki waktu tidur antara pukul 10 malam hingga 2 pagi sangat penting untuk sistem imun tubuh. Moms yang tidur terlalu larut memiliki respon antibodi virus lebih rendah, dimana artinya Moms bisa lebih murah terserang penyakit.

baca juga

Lebih Fokus dan Produktif


Lebih Fokus dan Produktif
source: https://freepik.com/

Tidur lebih awal dan bagun lebih pagi membuat kita lebih produktif, Moms. Tidur sebelum pukul 10 malam juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Tidur nyenyak membuat otak berfungsi lebih optimal, seperti lebih mudah fokus dan konsentrasi. Orang yang memiliki waktu tidur cukup cenderung lebih produktif serta kreatif dan inovatif.

Lebih Bahagia


Lebih Bahagia
source: https://freepik.com/

Orang yang memiliki waktu tidur cukup biasanya lebih bahagia dan mampu mengontrol emosi dengan baik. Kurangnya waktu tidur membuat emosi tidak stabil dan terasa sulit mengendalikannya. Tidur lebih awal dan bangun lebih pagi membuat tubuh mendapatkan lebih banyak sinar matahari dan serotonin yang dapat meningkatkan suasana hati.

Awet Muda


Awet Muda
source: https://freepik.com/

Dari beberapa penjelasan di atas sebelumya, Moms, tidur sebelum pukul 10 malam membuat tubuh mampu mengontrol berat badan, menurunkan risiko stres dan depresi, serta mengontrol emosi. Dimana semua hal tersebut juga akan berdampak pada kulit yang sehat dan terhindar dari tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus dan kerutan di wajah.

Meski tidak langsung terasa, membiasakan diri tidur lebih awal sangat penting dilakukan karena efek jangka panjangnya yang positif. Jadi Moms, sebisa mungkin hindari begadang serta biasakan diri dan keluarga tidur lebih awal untuk kualitas hidup yang lebih baik.