Perhatikan Asupan Makanan


Perhatikan Asupan Makanan
source: https://freepik.com/

Tidak hanya menjadi sunnah saat puasa, sahur juga menjadi hal penting yang harus dilakukan ibu menyusui. Pastikan Moms mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Beberapa pilihan makanan saat sahur untuk ibu menyusui di antaranya seperti bayam, katuk, brokoli, salmon, dan kacang merah. Bila perlu, konsumsi suplemen vitamin D saat sahut untuk menjaga kesehatan Moms dan si kecil selama berpuasa.

Tetap Terhidrasi


Tetap Terhidrasi
source: https://freepik.com/

Menyusui si kecil dapat menyebabkan Moms dehidrasi dan kekurangan cairan dalam tubuh. Karenanya, sangat penting untuk Moms menjaga tubuh agar tetap terhidrasi meskipun sedang berpuasa. Pastikan Moms tetap mengonsumsi 8 gelas atau 1,5 liter air dalam sehari. Moms bisa membaginya dengan minum 2 gelas setelah sahur, 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas sebelum tidur.

baca juga

Istirahat Cukup


Istirahat Cukup

Sebisa mungkin hindari pekerjaan berat selama menjalankan puasa, Moms. Menyusui dapat menguras energi, apalagi ketika Moms puasa. Jadi Moms, jangan memaksakan diri melakukan pekerjaan berat saat puasa agar tubuh tidak mudah lelah. Aturlah waktu untuk Moms agar mendapatkan istirahat yang cukup. Moms juga bisa menyiasatinya dengan ikut tidur saat si kecil tertidur.

Dukungan Keluarga


Dukungan Keluarga
source: https://freepik.com/

Karena ibu menyusui dianjurkan untuk tidak melakukan pekerjaan berat, cobalah meminta dukungan dari suami atau keluarga untuk berbagi tugas. Terlebih jika Moms memiliki anak lebih dari satu. Dukungan dari keluarga khususnya suami akan sangat membantu Moms tetap sehat dan ASI lancar untuk si kecil selama puasa ramadan.

baca juga

Perhatikan Kondisi Bayi


Perhatikan Kondisi Bayi
source: https://freepik.com/

Meski tidak terlalu berpengaruh pada bayi, masih ada kemungkinan kualitas dan kuantitas ASI berkurang selama puasa. Jadi Moms, tetap asawi kesehatan di kecil seperti mengecek intensitas buang air kecil bayi, popok basah lebih sedikit, kotoran lebih pekat, hingga adanya penurunan berat badan pada bayi. Jika hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter ya, Moms.

Segera Berbuka


Satu lagi yang terpenting untuk busui. Jangan memaksakan diri untuk tetap berpuasa ya, Moms. Jika Moms merasa kelelahan dan lemas, segeralah berbuka puasa agar tubuh tak mengalami dehidrasi dan malnutrisi. Dimana kedua masalah ini akan membuat kesehatan Moms dan si kecil menurun.