Cegah tanda-tanda penuaan seperti kerutan di wajah bisa dengan membuat masker homemade dengan bahan yang ada di sekitar rumah. Berikut 11 bahan alami di dapur yang bisa Moms gunakan sebagai masker anti aging seperti dilansir dari StyleCraze:
 

Kulit Jeruk


Kulit Jeruk
source: https://freepik.com/

Kulit jeruk kaya antioksidan yang bermanfaat sebagai anti aging dengan mencegah kerutan di wajah. Saat ini, tersedia banyak bubuk kulit jeruk yang telah dikeringkan sebagai salah satu bahan pembuatan masker anti aging. Moms juga bisa membuat sendiri bubuk kulit jeruk dengan mengeringkannya terlebih dahulu.

baca juga

Kunyit


Kunyit
source: https://freepik.com/

Tidak hanya membantu dalam penyembuhan luka, kunyit juga dapat memperlambat munculnya kerutan. Serta meningkatkan elastisitas kulit dan meratakan warna kulit. Manfaat lainnya adalah kunyit membantu mencerahkan kulit kusam dan mengurangi pigmentasi. Perhatikan lagi ya, apakah kulit Moms sensitif atau tidak menggunakan bahan ini.

Teh Hijau


Teh hijau kerap digunakan dalam produk perawatan kulit topikal sebagai agen anti aging. Teh hijau mengandung senyawa polifenol yaitu katekin yang memperlambat penuaan kulit. Teh hijau memiliki sifat antioksidan yang juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan.

baca juga

Kayu Cendana


Kayu Cendana
source: https://pinterest.com/

Sandalwood atau kayu cendana bermanfaat untuk membuat kulit merona secara alami. Bahan yang satu ini juga membantu mengecilkan pori-pori dan meratakan tekstur kulit. Tak hanya itu, kayu cendana bermanfaat mengencangkan dan menghaluskan kulit serta berfungsi sebagai obat jerawat.

Yogurt


Yogurt bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas kulit, meningkatkan kecerahan kulit dan mempertahankan kelembapannya. Selenium dalam yogurt mengurangi kerutan yang terbentuk karena kekurangan magnesium.

Kopi


Kopi
source: https://freepik.com/

Kafein memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Ia juga dikenal untuk mengurangi tanda-tanda photoaging seperti keriput, bintik-bintik, perubahan warna, dan hilangnya elastisitas kulit (11). Kafein juga meningkatkan sirkulasi darah di kulit.

Jeruk Nipis


Senyawa nabati dalam jeruk nipis bersifat antioksidan dan bertindak sebagai agen anti aging. Ekstrak kulit dan biji jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mengembalikan elastisitas kulit.

Apel


Apel
source: https://freepik.com/

Apel mengandung Hydroxy Acids yang diketahui dapat mengurangi tanda-tanda penuaan. Hydroxy Acids mengelupas sel epidermis serta merawat kulit kering dan kasar. Kandungan ini juga membuat kulit lebih lembut dan halus serta mengurangi kerutan dan bintik hitam.

Minyak Neem


Minyak neem memiliki sifat antimikroba dan dapat digunakan untuk meningkatkan kesehatan kulit. Antioksidan dalam minyak neem membantu melawan radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan oksidatif.

Minyak Zaitun


Minyak Zaitun
source: https://freepik.com/

Faktanya Moms, antioksidan dalam minyak zaitun lebih besar daripada vitamin E. Antioksidan ini dapat mencegah kerusakan oksidatif yang menyebabkan tanda penuaan. Minyak zaitun juga meningkatkan kesehatan kulit.

Susu


Susu
source: https://freepik.com/

Sebuah penelitian menunjukkan produk susu seperti susu kedelai dan kefir dapat membantu memperlambat penuaan kulit. Susu dengan kandungan alpha-hydroxy acids juga dapat mengurangi tanda-tanda penuaan sekaligus melembutkan kulit.