Banyak orang tua yang percaya jika menggunting atau memotong bulu mata bayi bisa membuatnya tumbuh kembali dan semakin lentik. Namun sadarkah, Moms, bahwa tindakan tersebut bisa membahayakan si kecil?

Memotong bulu mata bayi agar menjadi panjang dan lentik sudah dipercaya dari zaman dahulu. Namun ternyata, hingga saat ini tidak ada bukti ilmiah yang mendukung tindakan tersebut. Cek faktanya di bawah ini yuk, Moms.

Mitos atau Fakta, Memotong Bulu Mata Bayi Bikin Lentik?

Seperti dilansir dari Young Parent, memotong bulu mata bayi agar lebih panjang dan lentik hanya mitos belaka. Bulu mata bayi lentik lebih banyak dipengaruhi oleh faktor hormon, keturunan, serta faktor nutrisi yang didapatkan si kecil sejak dalam kandungan.

Mitos atau Fakta, Memotong Bulu Mata Bayi Bikin Lentik?
source: https://freepik.com/

Moms dan Dads yang memiliki bulu mata lentik besar kemungkinan akan menurunkannya pada si kecil. Pada bayi usia 0-6 bulan nutrisi yang didapatkan tentulah berasal dari ASI atau susu formula yang diberikan Moms. Memotong bulu mata bayi sangat tidak disarankan dan harus dihindari, Moms.

Menurut dr. Irvandi di laman Alodokter, bulu mata selain memiliki fungsi kecantikan, juga berfunsi untuk melindungi mata, menyaring partikel-partikel asing yang dapat masuk ke dalam mata seperti debu, pasir, dan partikel kecil lainnya.

Berikut bahaya dan efek samping memotong bulu mata pada bayi yang perlu Moms ketahui:

baca juga

1. Merusak Bulu Mata


1. Merusak Bulu Mata
source: https://freepik.com/

Ketika Moms memotong bulu mata si kecil, bisa saja tak sesuai harapan seperti terlalu pendek dan berisiko merusak bulu mata. Bulu mata yang terlalu pendek akibat dipotong juga dapat membuat bayi tak nyaman. Jadi, sebaiknya biarkan bulu mata si kecil tumbuh secara alami.

2. Fungsi Utama Bulu Mata Menghilang


2. Fungsi Utama Bulu Mata Menghilang
source: https://freepik.com/

Fungsi utama bulu mata adalah melindungi mata dari berbagai partikel kecil benda asing yang bisa masuk ke dalam mata. Nah Moms, bulu mata yang dipotong terlalu pendek dapat membuat mata rawan alami iritasi.

Selain itu, bentuk bulu mata yang melengkung berfungsi mengeluarkan keringat dan partikel asing dari mata. Serta berfungsi sebagai pelindung mata dari sinar matahari.

baca juga

3. Risiko Bayi Terluka


3. Risiko Bayi Terluka
source: https://freepik.com/

Seperti penjelasan di atas sebelumnya, memomotong atau menggunting bulu mata bayi bisa membahayakan si kecil. Bayi berisiko cidera atau terluka akibat terkena gunting. Walau dilakukan saat bayi tidur, hal ini tak menjamin bayi aman dan bebas risiko terluka. Seperti saat si kecil tiba-tiba bergerak atau membuka matanya.

Jadi Moms, sebaiknya biarkan bulu mata si kecil tumbuh secara alami. Cara aman mendapatkan bulu mata lentik pada bayi yaitu dengan memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral sesuai usia si kecil.